Cara Mudah Membuat Blog Pada WordPress


WordPress adalah salah satu situs yang menyediakan fasilifat blog gratis yang paling populer didunia disamping blogger. BLOG berasal dari kata WEB-LOG yang artinya masuk dan mengelola web. BLOG identik dengan website pribadi.

Cara Membuat Blog Pada WordPress:

  1. Syarat awal yang diperlukan adalah kita hanya perlu alamat email yang nantinya dibutuhkan saat registrasi BLOG.
  2. Langkah awal kita masuk ke website www.wordpress.com lalu pilih menu sign-up, artinya kita harus mendaftar dulu di wordpress sebelum bisa membuat blog.

    Sign up WordPress

    Sign up WordPress

  3. Kemudian isi data lengkap termasuk password, note: gunakan password yang kuat agar BLOG aman dari hacking. Password yang kuat terdiri dari kombinasi huruf kecil, huruf besar dan angka. contoh : g5H8HMab7

    Mengisi Form Registrasi

    Mengisi Form Registrasi

  4. Supaya lebih mudah, pilih opsi yang “nama username sama dengan nama BLOG”. Maksudnya nama blognya nanti otomatis sama dengan nama username. contoh jika username bernama komputer maka nama blognya otomatis komputer.wordpress.com
  5. Selanjutnya akan memperoleh notifikasi untuk mengaktifkan BLOG melalui link pada email. Hal ini bertujuan mencegah spamming pada wordpress, jadi alamat email yang dipakai harus valid dan benar.

    Permintaan aktivasi via email

    Permintaan aktivasi via email

  6. Kemudian buka email , lalu klik link aktivasi dari wordpress pada email.

    Link aktivasi pada email

    Link aktivasi pada email

  7. Selanjutnya akan ada konfirmasi kalau akun  telah aktif. Silahkan catat username dan password akun wordpress tersebut.
    Registrasi account wordpress berhasil

    Registrasi account wordpress berhasil

    Registrasi BLOG berhasil

    Registrasi BLOG berhasil

  8. Untuk bisa masuk dan mengelola BLOG, kita harus login dulu. caranya bisa dengan klik menu login atau masuk ke alamat “http://***.wordpress.com/wp-login.php ” dengan catatan ***=nama blog kita. contoh : http://www.abisabrina.wordpress.com/wp-login.php.  Lalu masukkan username dan password yang telah kita dapat tadi.

    Login BLOG

    Login BLOG

  9. Jika login sukses maka akan tampil halaman dasbor wordpress berikut ini. Dasbor adalah halaman depan pengelolaan blog. Disebelah kiri terdapat menu-menu untuk mengatur tampilan blog, menambah artikel, Melihat statistik blog, mengelola comment/komentar, dll

    Tampilan Dasbor BLOG WordPress

    Tampilan Dasbor BLOG WordPress

  10. Untuk mengatur tampilan dasar BLOG, kita masuk ke pengaturan theme. Di wordpress disediakan beberapa alternatif template, silahkan pilih dengan cara klik pada template tersebut, lalu klik Apply theme.

    Mengatur Theme BLOG

    Mengatur Theme BLOG

  11. Untuk mengatur fasilitas tambahan, kita bisa memilih widget yang tersedia. Widget adalah peralatan/ menu tambahan diluar halaman utama blog. Widget dasar wordpress berupa pengaturan kategori, artikel, halaman, statistik blog, kalender, tag cloud, dll.

    Mengatur Widget pada BLOG

    Mengatur Widget pada BLOG

  12. Untuk mengatur posting kita masuk ke menu posting. pada menu ini kita bisa menambah posting artikel baru, mengedit dan atau bahkan menghapusnya.

    Pengaturan Posting BLOG

    Pengaturan Posting BLOG

  13. Setelah itu, kita bisa mengisi BLOG kita dengan posting baru. Posting ini oleh blog akan dikenal dengan istilah artikel. Artikel demi artikel yang kita buat akan disusun secara otomatis berdasarkan waktu posting artikel.

    Membuat Posting Baru

    Membuat Posting Baru

  14. Jangan lupa meng-update halaman (page)  about yang berisi tentang profil pribadi kita. Misalnya halaman “About Us” bisa kita ganti nama dengan nama baru “Tentang Kami” . Fungsi halaman ini adalah merupakan informasi utama yang ingin kita tampilkan kepada pembaca blog yang tidak tertutup oleh artikel. Jadi Halaman utama ini akan muncul tersendiri diluar menu artikel.

    Mengatur Page pada BLOG

    Mengatur Page pada BLOG

  15. Perbedaan dari posting dan page adalah posting bersifat dinamis dan setiap saat update sementara page lebih bersifat statis artinya sebuah halaman tetap.
  16. Setelah selesai, silahkan preview BLOG kita atau langsung buka dengan mengetikkan nama BLOG pada kolom alamat URL pada browser.

    Tampilan jadi BLOG WordPress

    Tampilan jadi BLOG WordPress

  17. Jangan lupa logout setelah proses pengaturan dan pengelolaan BLOG selesai.
About these ads

3 Responses to Cara Mudah Membuat Blog Pada WordPress

  1. Pingback: Cara Membuat Website dot TK « Abi Sabrina

  2. Pingback: Cara Membuat We… « tanjungbaik

  3. Trims Gan, infonya sangat bermanfaat :)
    Kalau saja makin ramai penulis seperti Anda, niscaya orang Indonesia bakalan makin cerdas dengan info-info bermanfaat macam ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: