Bagian-bagian Komputer – Keyboard


Keyboard atau papan ketik adalah sarana untuk kita memasukkan perintah dan atau tulisan ke komputer. Susunan tombol-tombol huruf pada keyboard mengacu pada susunan tombol mesin ketik.

Susunan tombol ini dikenal dengan QWERTY yaitu mengambil dari susunan tombol huruf dari kiri paling atas dibawah angka. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin ketik buatan E. Remington pada tahun 1874.

Keyboard

Keyboard

Bermula dari ditemukannya papan ketik pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada 1868. Pada awalnya susunan tombol huruf pada mesin ketik tradisional dibuat urut dan nyaman saat mengetik. Namun hal ini menyebabkan pemakai dapat mengetik dengan cepat dan berakibat rusaknya pengait-pengait karakter karena sering tersangkut.

Untuk mengatasi hal ini muncul pemikiran untuk memperlambat penekanan tombol oleh pemakai, dan yang menjadi pilihan solusi tersebut adalah diacaknya tombol-tombol huruf sehingga menjadi susunan QWERTY seperti sekarang ini.

Selain tombol huruf dan angka, keyboard komputer dilengkapi dengan 12 tombol Fungsi (F1 – F12) yang terletak diposisi paling atas. Fungsi-fungsi ini bertujuan sebagai jalan pintas yang mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.

Tata letak Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY

Fungsi-fungsi tombol pada keyboard:

1. ENTER

Berfungsi memasukkan perintah yang sudah ditulis untuk dijalankan komputer, dan pada mode ketik berfungsi membuat ganri baris. ENTER adalah tombol keyboard yang paling populer.

2. ESC

Berfungsi kebalikan dari ENTER yaitu keluar program atau tidak jadi memasukkan perintah.

2. Caps Lock

Berfungsi mengunci fungsi tombol huruf dari huruf kecil menjadi huruf besar/huruf kapital dan sebaliknya.
3. Num Lock

Berfungsi mengaktifkan tombol angka disebelah kanan (selain tombol angka yang brada diatas tombol huruf). Biasanya sangat bermanfaat untuk penggunaan yang berhubungan dengan angka seperti KASIR.

4. Scroll Lock

Berfungsi mengunci layar agar tidak menggulung saat ditekan tombol up, down, left, dan right. Pada Excel tombol scroll lock berfungsi mengunci kursor pada satu cell agar tidak dipindah jika ditekan tombol up, down, left, dan right.

5. SHIFT

Berfungsi mengubah fungsi tombol keyboard menjadi fungsi lain (fungsi sekunder). contoh mengubah huruf kecil ke huruf besar sementara saat shift ditekan dan mengubah fungsi tombol 1 menjadi tombol !.

6. CTRL

Berfungsi melakukan sebuah fungsi program sesuai dengan tombol kombinasinya. Jadi Ctrl tidak berfungsi jika hanya ditekan sendiri. Contoh: Ctrl+S menjadi fungsi Save pada ms.word.

7. ALT

Berfungsi hampir sama dengan CTRL namun lebih khusus dalam memilih fungsi program bukan menjalankan fungsi program. Contoh: ALT+F berfungsi memilih fungsi File dan untuk menjalankannya harus menekan ENTER.

8. TAB

Berfungsi mengatur tabulasi teks pada halaman.

9. DEL

Berfungsi menghapus obyek, pada mode ketik berfungsi menghapus huruf dari depan ke belakang.

10. BACK SPACE

Pada mode ketik berfungsi menghapus huruf dari belakang ke depan.

11. HOME

Berfungsi menempatkan kursor ke posisi awal baris atau awal layar (atas).

12. END

Berfungsi menempatkan kursor ke posisi akhir baris atau akhir layar (bawah).

13. INS

Singkatan dari insert, berfungsi untuk mengaktifkan mode sisipan teks ditengah-tengah kalimat.

14. PAUSE/BREAK

Berfungsi menghentikan fungsi komputer sementara (pause=berhenti play). Biasanya dipakai melihat error pasa saat komputer pertama kali hidup.

15. PRINT SCREEN

Berfungsi mencetak layar. pada mode DOS, berfungsi mencetak cepat apa yang ada di layar, dan pada windows berfungsi meng-capture layar/mempotret layar ke dalam clipboard. Untuk mengambil hasil jepretan PRINT SCREEN bisa masuk ke aplikasi PAINT lalu klik PASTE.

16. PAGE UP/PAGE DOWN

Berfungsi mengatur posisi layar ke atas dan ke bawah per halaman.

About these ads

2 Responses to Bagian-bagian Komputer – Keyboard

  1. Terima kasih atas infonya. Di save dulu pagenya bisa nggak lupa.

  2. Pingback: cara merakit pc for graphic design « thiyahcahmuhi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: