Bagian-bagian Komputer – Mouse


Mouse adalah alat untuk memasukkan perintah ke komputer dengan metode pointer pada layar. Mouse merupakan perangkat input selain keyboard. Jika pada keyboard untuk memindahkan tempat kursor pada layar harus menggunakan tombol navigasi up, down, left dan right maka pada mouse cukup dengan menggeser mouse ke atas- ke bawah atau kekiri-ke kanan.

Mouse Pertama

Mouse Pertama

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Kemudian muncul mouse model kedua dengan 3 tombol. Dan pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.

Bagian-bagian Mouse :

1. Tombol

Yaitu sebuah saklar tekan yang dipakai oleh pengguna untuk memilih atau menjalankan program. Pada mouse model Windows mempunyai tombol 2 buah, yaitu kiri dan kanan. Tombol ini berfungsi mirip dengan tombol ENTER dan ESC pada keyboard. Tentang tombol mana yang dipakai untuk ENTER dan yang mana untuk ESC biasanya bisa dirubah pada menu konfigurasi mouse.

Mouse Satu Tombol

Mouse Satu Tombol

Selain mouse dengan dua tombol, ada juga mouse dengan 1 tombol yaitu mouse untuk Macintosh (Apple)

2. Sensor gerakan

Sensor gerakan letaknya ada disebelah bawah mouse. Sensor ini bermacam-macam, mulai dari yang mekanis sampai dengan sistem optical dengan berbagai jenis cahaya. Sensor gerakan berfungsi mendeteksi pergerakan mouse untuk diubah menjadi sinyal elektronik dan dikirim ke komputer.

3. Driver modul

Yaitu sebuah rangkaian elektronik yang mengubah sinyal-sinyal elektronik dari sensor menjadi sinyal data sesuai dengan sistem koneksi yang dipakai, misalnya dengan koneksi COM (serial), PS2 atau dengan USB.

4. Koneksi mouse

Koneksi mouse ini kebanyakan menggunakan kabel dengan socket pada ujungnya. Saat ini sudah mulai banyak mouse dengan teknologi tanpa kabel (wireless), sehingga koneksi mouse tidak lagi menggunakan kabel namun menggunakan inframerah atau bluetooth.

Jenis-jenis mouse :

1. Mouse Mekanis

Pada mouse mekanis digunakan sebuah bola untuk mendeteksi gerakan kekiri-kekanan dan keatas-kebawah. Prinsip kerjanya adalah bola tersebut menyentuh sensor X dan sensor Y.

Mouse mekanis

Mouse mekanis

Kedua sensor mekanis tersebut kemudian dihubungkan ke sebuah sensor elektronis yang dapat membaca perubahan sensor. Sinyal sinyal elektronik dari sensor kemudian dikirim ke komputer melalui sebuah antarmuka data.

Kelemahan dari mouse mekanis adalah mouse ini membutuhkan perawatan berkala yaitu membersihkan sensor dari kotoran yang menempel dari bola. Selain itu ketepatan mouse ini juga kurang detail, jadi kurang bagus dipakai untuk menggambar.

2. Mouse Optical

Mouse generasi selanjutnya adalah mouse optical, artinya sensor gerakan diambil melalui sebuah sensor cahaya. Mouse optical tidak memakai bola dalam mendeteksi gerakan namun mendeteksi pantulan dari pergerakan mouse terhadap tatakan mouse.

Mouse Optical

Mouse Optical

Kelebihan dari mouse optical adalah bebas dari perawatan dan resolusinya lebih detail, sehingga pergerakan mouse pada layar menjadi lebih tepat dan akurat.

3. Mouse Wireless

Mouse Wireless adalah mouse yang tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan mouse ke komputer. Pada mouse wireless dipakai teknologi infra merah, bluetooth atau sinyal radio.

Mouse Wireless

Mouse Wireless

Jadi pada mouse harus dipasang sumber daya untuk menghidupkan sirkuit elektronik pada mouse.

Sistem koneksi mouse:

1. COM/ Port Serial

Yaitu menggunakan sistem koneksi serial dengan antarmuka RS232. Sistem koneksi ini dipakai pada kurun waktu sebelum 1997 (Sebelum era windows 98).

2. PS2

Yaitu menggunakan sistem baru antarmuka mouse-keyboard IBM/PS2 yang lebih cepat dari sistem koneksi port serial. Sistem ini muncul bersamaan dengan Windows 98 dan masih banyak dipakai sampai sekarang.

3. USB

Yaitu sistem koneksi mouse menggunakan USB. Sistem ini mulai banyak dipakai setelah tahun 2002, yaitu saat berkembangnya Windows XP. Sistem koneksi mouse menggunakan USB banyak dipakai pada Laptop.

About these ads

One Response to Bagian-bagian Komputer – Mouse

  1. upho says:

    thx…udahh bantu tugasskuu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: