Prinsip Dasar Audio Amplifier


Audio Amplifier adalah sebuah alat yang berfungsi memperkuat sinyal audio dari sumber-sumber sinyal yang masih kecil sehingga dapat menggetarkan membran speaker dengan level tertentu sesuai kebutuhan.

Blok Audio Amplifier

Blok Audio Amplifier

Bagian-bagian Audio Amplifier :

1.Input Sinyal

Input sinyal dapat berasal dari beberapa sumber, antara lain dari CD/DVD Player, Tape, Radio AM/FM, Microphone, MP3 Player, Ipod, dll. Masing-masing sumber sinyal tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Bagian Input sinyal harus mempu mengadaptasi sinyal sinyal tersebut sehingga sama pada saat dimasukkan ke penguat awal/ penguat depan (pre-amp)


2.Penguat Awal/Penguat Depan (Pre-amp)

Penguat depan berfungsi sebagai penyangga dan penyesuai level dari masing-masing sinyal input sebelum dimasukkan ke pengatur nada. Hal ini bertujuan agar saat proses pengaturan nada tidak terjadi kesalahan karena pembebanan/loading. Penguat depan harus mempunyai karakteristik penyangga/buffer dan berdesah rendah.

3.Pengatur Nada (Tone Control)

Pengatur nada bertujuan menyamakan (equalize) suara yang dihasilkan pada speaker agar sesuai dengan aslinya (Hi-Fi). Pengatur nada minimal mempunyai pengaturan untuk nada rendah dan nada tinggi. Selain itu ada juga jenis pengatur nada yang mempunyai banyak kanal pengaturan pada frekuensi tertentu yang biasa disebut dengan Rangkaian Equalizer. Prinsip dasar pengaturan nada diperoleh dengan mengatur nilai R/C resonator pada rangkaian filter.

4.Penguat Akhir (Power Amplifier)

Penguat Akhir adalah rangkaian penguat daya yang bertujuan memperkuat sinyal dari pengatur nada agar bisa menggetarkan membran speaker. Penguat akhir biasanya menggunakan konfigurasi penguat kelas B atau kelas AB. Syarat utama sebuah penguat akhir adalah impedansi output yang rendah  antara 4-16 ohm) dan efisiensi yang tinggi.

Karena kerja dari penguat akhir sangat berat maka biasanya akan timbul panas dan dibutuhkan sebuah plat pendingin untuk mencegah kerusakan komponen transistor penguat akhir karena terlalu panas.

5.Speaker

Speaker berfungsi mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara. Semakin besar daya sebuah speaker biasanya semakin besar pula bentuk fisiknya. Secara umum speaker terbagi menjadi tiga, yaitu Woofer (bass), Squaker (middle), dan tweeter (high). Impedansi speaker antara 4 ohm, 8 ohm dan 16 ohm.

Saat ini ada juga speaker yang disebut dengan subwoofer, yaitu speaker yang mampu mereproduksi sinyal audio dengan frekuensi yang sangat rendah dibawah woofer.

6.Power Supply

Power Supply merupakan rangkaian pencatu daya untuk semua rangkaian. Secara umum power supply mengeluarkan dua jenis output, yaitu output teregulasi dan tidak teregulasi. Output teregulasi dipakai untuk rangkaian pengatur nada dan penguat awal, sementara rangkaian power supply tidak teregulasi dipakai untuk rangkaian power amplifier.

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

13 Responses to Prinsip Dasar Audio Amplifier

  1. novi nimatul faudah says:

    aku suka banget karakter dari materi ini…….it is very good

  2. dody says:

    salam kenal , mohon disertakan skema ocl pak beserta ketrangan misal input yg mana, kemudian rangkaian driver,fungsi RC dan TR akhir juga kalo modif yang mana yang harus diganti, sbb saya lagi belajar power amplifier kebetulan ada ocl 150 w.
    terima kasih. kirim gambar ke email ya pak…( cyb.electro@yahoo.com)

  3. samat darah says:

    elok2 ………………..

  4. della says:

    aku suka materi ini ,,, cuma ada beberapa yang blum tercantum,,, :D

  5. nopal says:

    thanks br0 inf0.nya . .cos bntu gue ngerjain lap0ran praktek, . .*trimz

  6. f0r3v3r says:

    yah…sayang bget materi’a cma sdkit,,
    sma lgi khayax d’bkuQ

    ada yg laen khagax????

  7. Wahyu Rahayu Danamihardja says:

    Terima kasih banget,soalnya saya lagi cari2 cara menyusun karaoke player-preampli-power ampli-equaliser sekarang sudah dapet jawabanya thanks yah

  8. lanina mahanani says:

    makasih ya :)
    uadah batu aku buat tugas :D

  9. Thanks ya gan . . . :)

  10. ryan says:

    okelah, buat info

  11. Niswatun Chasanah says:

    gak komplit :'(

  12. Annisa DR says:

    Woow lengkap dan jelas:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: