Cara Membuat Website


Membuat website sekarang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan seiring perkembangan teknologi, sekarang membuat website menjadi semakin mudah. Dahulu, untuk membuat website kita harus menguasai serangkaian kode HTML yang rumit.

Kini dengan ada software seperti Microsoft Frontpage dan Adobe Dreamweaver, membuat website menjadi semakin mudah seperti membuat dokumen dalam microsoft word. Apalagi dengan adanya software web CMS (Content Management System) seperti Joomla dan WordPress, membuat website yang hebat kini menjadi semakin cepat dan menyenangkan.

Untuk kepentingan pribadi sekarang sudah ada BLOG, yaitu sebuah website gratis yang bisa kita isi dengan profil, artikel dan foto-foto pribadi kita. Membuat BLOG lebih mudah dari pada membuat website, karena kita dibantu oleh sistem yang memudahkan pembuatan isi dan proses upload ke server.

Sebuah Website

Sebuah Website

Secara umum membuat website dibagi menjadi 5 langkah :

1. Menentukan Konsep Website

Sebelum membuat website, terlebih dahulu kita harus menentukan konsep dari website yang akan kita buat. Kita akan membuat website  berbayar (*.com, *.org, *.co.id, *.net dll) atau website gratis / BLOG. Dari segi isi kita akan membuat website yang dinamis atau yang statis, dan dari segi keperluan kita akan membuat website pribadi atau website bisnis atau untuk keperluan yang lainnya

2. Registrasi Website (Domain dan Hosting)

Berdasarkan konsep yang kita buat tadi, langkah selanjutnya adalah proses registrasi  atau pendaftaran website. Untuk website berbayar, kita bisa memilih jasa layanan registrasi website lalu setelah memilih nama domain dan hosting, kita akan diminta melakukan pembayaran dalam jumlah tertentu. Untuk website gratis, kita bisa memilih salah satu dari situs-situs yang memberikan fasilitas website gratis, seperti: wordpress, blogger, dll. Untuk ini kita hanya diminta mengisi alamat email dan sedikit  melengkapi data pribadi.

3. Membuat isi Website

Setelah terdaftar dan memiliki nama domain dan kapasitas hosting maka kita dapat mulai membuat isi website. Untuk website berbayar isi dan materi website sepenuhnya tergantung dari kita tanpa ada pembatasan sistem dan jenis file. Tentang isi website, kita dapat memilih membuat isi yang sederhana (statis) atau diisi dengan aplikasi sistem website, yang salahsatu yang terkenal adalah CMS (Content management system). Untuk website gratis, kita harus mengikuti mekanisme pengisian website sesuai dengan tempat kita registrasi website gratis/BLOG tersebut.

4. Upload isi Website ke server

Upload artinya kita mengirim isi file yang telah kita buat tadi ke server agar bisa di akses secara luas. File tersebut nantinya akan disimpan di memory server yang disebut hosting tadi. Untuk website berbayar, kita bisa memanfaatkan fasilitas CPANEL atau software FTP. CPANEL adalah Control Panel yang disediakan otomatis  saat kita registrasi website berbayar.  Software FTP (File Transfer Protocol) adalah software antarmuka tukar menukar file dari komputer ke server dan sebaliknya. Dengan software FTP kita akan dengan mudah mengupload file karena antarmukanya mirip dengan tampilan Windows Explorer. Contoh software FTP adalah: FileZilla, Ipswitch, dll.

5. Debug dan Testing Website

Setelah selesai proses Upload, langkah selanjutnya adalah mengecek semua isi dan link yang ada dalam website.  Link atau nama lengkapnya Hyperlink adalah sebuah fungsi tambahan dari text atau gambar yang   menghubungkan pengguna ke halaman/file lain. Jika diklik link akan membuka halaman/file yang dihubungkan melalui link tersebut. Selain itu kita juga perlu mengecek redaksi kata dan kalau perlu EYD-nya juga diperhatikan

3 Responses to Cara Membuat Website

  1. SOLVSI says:

    meminta website

  2. wantonella says:

    sipzzz aq setuju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: