Mengenal Komputer dan Sejarah Perkembangannya


Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang bisa mengolah data dan mengerjakan urutan perintah yang sudah terprogram. Awalnya komputer lebih banyak digunakan untuk menyelesaikan persoalan aritmatika. Nama komputer berasal bahasa inggris yaitu dari kata compute yang artinya perhitungan / menghitung. Saat ini komputer lebih banyak digunakan untuk menyelesaikan benyak persoalan diluar persoalan aritmatika.

Komputer terdiri dari 3 bagian, yaitu :

  1. Hardware atau perangkat keras, yaitu seperangkat komponen elektronika yang membentuk arsiterkur komputer.
  2. Software atau perangkat lunak, yaitu struktur perintah yang sudah diprogram untuk menjalankan hardware komputer.
  3. Brainware atau orang yang menjalankan komputer.


Berikut ini sejarah komputer dari waktu ke waktu :

1. Awal Lahirnya  Komputer

Lahirnya komputer diawali dengan munculnya alat hitung tradisional dan masih berupa model mekanik (belum elektronik) yaitu abacus atau sempoa. Pada tahun 1642, Blaise Pascal membuat alat hitung penjumlahan sederhana yang disebut dengan kalkulator roda numeric dan pada tahun 1964 Gottfred Wilhem von Leibniz menyempurnakan alat ini untuk mengerjakan fungsi perkalian. Kemudian pada tahun 1820, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan kalkulator arithometer yang mampu mengerjakan 4 fungsi aritmatika dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Abacus

Abacus

Komputer yang pertama mulai dikenal ketika pada tahun 1822 Charles Babbage dari inggris mulai membuat mesin differensial yang bisa menyimpan program, melakukan kalkulasi  dan mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin Differensial Babbage terdiri dari 50.000 komponen dengan Analyctical Engine berupa kartu yang berlubang-lubang untuk menyimpan instruksi program.

Pada tahun 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu berlubang ini untuk membuat mesin perhitungan sensus kependudukan di amerika serikat. Hasilnya, sensus yang diperkirakan selesai dalam waktu 10 tahun bisa diselesaikan hanya dalam waktu  6 minggu. Herman Hollerith kemudian mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang akhirnya menjadi International Business Machine (IBM) pada tahun 1924. Pada tahun 1931, Vannevar Bush menemukan sebuah mesin yang mampu menyelesaikan persamaan differensial yang dianggaprumit oleh kalangan akademisi.

Konsep komputer elektronik pertama di kemukakan oleh John V. Atanasoff dan Clifford Berry pada tahun 1903. Komputer elektrinik ini dibangun berdasarkan prinsip dasar logika benar dan salah dari Aljabar Boole yang ditemukan oleh George Boole. Dengan menerapkan prinsip benar-salah ke dalam saklar elektronik, Atanasof dan Berry mampu membuat komputer elektronik pertama pada tahun 1940.

2. Komputer Generasi Pertama

Salah satu hal yang mendukung perkambangan komputer adalah Perang Dunia II. Diawali dengan tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer yang diberi nama  Z3. Komputer ini dibuat untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali untuk kepentingan perang.

Pada tahun 1943, pihak Inggris juga menyelesaikan komputer pemecah  kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Komputer ini masih bersifat rahasia dan bukan general purpose komputer.

Mark I adalah komputer hasil karya Howard H. Aiken seorang insinyur Harvard yang bekerja untuk IBM. Komputer ini memiliki panjang setengan lapangan bola kaki dengan panjang total kabel sejauh 500m. Meski masih lambat karena memerlukan waktu hampir 5 detik untuk setiap proses, namun komputer ini sudah mampu malakukan perhitungan yang lebih kompleks.

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) adalah komputer hasil karya John Presper Eckert  dan John W. Mauchly. Komputer ini memiliki 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan  5 juta titik solder dengan konsumsi daya mencapai 160 KW. ENIAC merupakan komputer serbaguna dengan kecepatan 1000 kali lebih cepat dibanding Mark I.

ENIAC

ENIAC

EVDAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) adalah komputer yang dibuat oleh John von Neuman pada tahun 1945. Komputer ini sudah menggunakan memori yang bisa menympan data, sehingga memungkinkan komputer dapat berhenti setiap saat dan melanjutkan pekerjaannya kembali dilain waktu. Unit utama EVDAC adalah sebuah unit pemrosesan sentral (CPU), yang mekoordinasikan semua fungsi komputer melalui satu sumber tunggal.

UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) adalah komputer komersial pertama yang memanfaatkan prinsip komputer EVDAC. UNIVAC dibuat oleh Remington Rand pada tahun 1951.

Ciri-ciri komputer Generasi Pertama adalah penggunakan kode bilangan  biner yang berbeda-beda sehingga sulit diprogram dan dikembangkan. Ciri lain adalah penggunanan Tabung Vakum dan Silinder Magnetik untuk penyimpan data.

3. Komputer Generasi Kedua

Perkembangan komputer generasi kedua sangat dipengaruhi oleh penemuan transistor pada tahun 1956, sehingga komputer menjadi lebih kecil. Komputer ini lebih hemat energi dan lebih cepat dari komputer generasi pertama. Contoh komputer generasi kedua adalah STRETCH buatan IBM dan LARC buatan Sprery-Rand. Komputer ini masih terbatas untuk digunakan pada industri.

Komputer generasi kedua tidak lagi menggunakan bahasa mesin dengan bilangan biner, namun sudah menggunakan singkatan singkatan perintah yang disebut Bahasa Assembly.

Pada tahun 1960, muncul komputer untuk aplikasi bisnis dengan dilengkapi printer, disket, memory, program dan sistem operasi. Contoh komputer ini adalah IBM 1401 buatan IBM yang pada tahun 1965 sudah dipakai secara luas.

Pada periode ini mulai dikenal Bahasa pemrograman, seperti  Common

Business-Oriented Language (COBOL) dan  Formula Translator (FORTRAN).  Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

4. Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga muncul seiring dengan penemuan IC (integrated circuit) pada tahun 1958. Dengan IC maka komputer menjadi lebih kecil dan efisien. Sirkuit IC ditemukan oleh Jack Kilby dari Texas Instrument. Kemajuan lain dari komputer generasi ketiga adalah penggunana sistem operasi pada komputer secara serentak.

5. Komputer Generasi Keempat

Setelah kemunculan IC maka selanjutnya adalah pemikiran untuk terus mengecilkannya. Mulai dari LSI (Large Scale Integration) yang memuat ratusan komponen ke dalam Chip, VLSI (Very LSI)yang mampu memuat ribuan hingga ULSI (Ultra LSI) yang mampu memuat dalam jumlah jutaan komponen didalam chip.

Pada tahun 1971, Chip Intel 4004 mambawa kemajuan baru dalam dunia CPU dimana semua komponen digital sudah terintegrasi dalam sebuah chip. Dengan chip ini maka perkembangan komputer didalam rumah tangga semakin luas.

Pada tahun 1970, muncul program aplikasi pengolah kata dan spreadsheet. Dan pada tahun 198o-an video game seperti Atari 2600 mulai menarik perhatian konsumen komputer rumahan.

Personal Computer

Personal Computer

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan istilah Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, sekolah dan perkantoran. IBM PC kemudian mulai bersaing dengan Apple yang meluncurkan sistem operasi Macintosh yang berbasis grafis bukan seperti IBM yang bebasis Teks.

Penggunaan Komputer mulai meluas setelah kemunculan raksasa software dunia, Microsoft dengan Windows-nya.

Perkembangan prosessor intel dari waktu ke waktu :

  1. IBM-XT
  2. 286 – 386 dan 486
  3. Pentium 1 – Pentium 4 (Single Core)
  4. Pentium Multi-Core (Dual Core, Quad Core, dst)

Komputer Generasi ini sudah dilengkapi fungsi yang kompleks, mulai dari sistem multimedia sampai sistem jaringan dan pengolahan data. Saat ini sistem operasi pun menjadi semakin banyak,seperti windows, linux, macintosh, dll.

About these ads

4 Responses to Mengenal Komputer dan Sejarah Perkembangannya

  1. Jefry says:

    Tulisannya luar biasa lengkap
    terima kasih, ini menambah wawasan saya soal dunia komputer

  2. Jefry :
    Tulisannya luar biasa lengkap
    terima kasih, ini menambah wawasan saya soal dunia komputer

    Jefry :
    Tulisannya luar biasa lengkap
    terima kasih, ini menambah wawasan saya soal dunia komputer

  3. singkat, padat dan lengkap……. thanks banget…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: