Sejarah Linux dan Opensource – Bagian 3 dari 3


8. Openoffice.org

Proyek openoffice dimulai dari satu peristiwa penting saat source code StarOffice dirilis pada situs OpenOffice.org. Source codenya terdiri dari 35.000 file dalam 2.100 direktori. Staroffice adalah sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision dan diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010.

OpenOffice.org

OpenOffice.org

Dengan adanya openoffice.org ini maka posisi linux menjadi semakin kuat karena mempunyai sebuah office suite yang hampir setara dengan microsoft office. Pembukaan kode program dari Staroffice untuk openoffice.org bertujuan mendobrak dominasi dari microsoft office di pasaran.

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi (impress), ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.

9. Perkembangan File System pada Linux

File system adalah metode atau format untuk menyimpan dan mengorganisir data pada komputer. Jika pada Windows kita mengenal FAT32 dan NTFS sebagai file system, maka pada linux lain lagi nama file systemnya. Meskipun pada beberapa distro linux sekarang sudah bisa membaca file system FAT32 dan NTFS namun FAT32 dan NTFS bukan merupakan file system utama linux.

Struktur Ext2 File Syatem

Struktur Ext2 File Syatem

Pada linux dikenal beberapa nama file system, namun yang terpopuler adalah file system Extended File System (extFS), Second Extended File System (ext2FS), Third Extended File System (ext3FS) dan Journaled File System (JFS). Rilis Linux yang pertama berbasis pada file sistem Minix. Setelah Linux semakin berkembang, Extended File System (Ext FS) diperkenalkan. Ada beberapa perubahan signifikan tetapi kinerjanya masih kurang memuaskan.

Pada tahun 1994 Second Extended Filesystem (Ext2) diperkenalkan. Di samping adanya beberapa fitur baru, Ext2 sangat efisien, handal dan fleksibel sehingga menjadi file sistem Linux yang paling banyak digunakan. Setelah Ext2 selanjutnya adalah Ext3 file system. Pada file system Ext2 jika ada kegagalan power saat shutdown maka akan dilakukan pengecekan disk, namun jika pada Ext3 file system tidak. Sehingga lebih efisien dan menghemat waktu.

10. Samba Server

Samba server adalah fasilitas untuk berbagi informasi bisa berbagi data sebagai sharing file antara os linux dan windows. Samba adalah perangkat lunak opensource. Samba  awalnya dikembangkan oleh Andrew Tridgell dari Australia, berawal dari SMB / CIFS networking protokol. Pada versi 3, Samba menyediakan file dan layanan cetak untuk berbagai klien Microsoft Windows dan dapat mengintegrasikan dengan domain server Windows, baik sebagai Primary Domain Controller (PDC) atau sebagai anggota domain. Hal ini juga dapat menjadi bagian dari sebuah domain Active Directory.

Samba Server

Samba Server

Samba berjalan pada kebanyakan sistem Unix dan Unix-like, seperti Linux, Solaris, AIX dan varian BSD, termasuk Apple Mac OS X Server (yang telah ditambahkan ke klien Mac OS X versi 10.2). Samba standar di hampir semua distro Linux dan umumnya termasuk sebagai layanan sistem dasar pada sistem operasi Unix-based. Samba dirilis di bawah GNU General Public License. Nama Samba berasal dari SMB (Server Message Block), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem jaringan Windows file Microsoft.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: