Mengenal Distro Linux Ubuntu


Logo UbuntuUbuntu adalah distro linux yang paling populer saat ini. Ubuntu adalah distro linux yang barbasis Debian. Nama Ubuntu  diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan.

Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth

Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu ScreenShot

Ubuntu ScreenShot

Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu pada bulan april memiliki indek versi 4 dan ubuntu rilis oktober memiliki indek versi 10.

Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja. Ubuntu desktop menggunakan GNOME sebagai desktop managernya.

Distro Ubuntu memiliki beberapa distro turunan yaitu :

1. Edubuntu

Logo EdubuntuEdubuntu adalah Ubuntu yang dikhususkan untuk kepentingan pendidikan di ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan dari Education Ubuntu.

Desktop Edubuntu sendiri masih menggunakan GNOME dan GDM sebagai display manager-nya. Aplikasi yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari aplikasi-aplikasi GNOME dan KDE, namun diutamakan aplikasi-aplikasi pendidikan untuk anak umur 6 sampai 18 tahun.

Tujuan dan prioritas utama dari penggunaan Edubuntu adalah untuk memungkinkan para pengajar dengan kemampuan teknik komputer yang terbatas membuat laboratorium komputer atau lingkungan pendidikan on-line dalam tempo singkat (sekitar 1 jam) dan menatanya secara efektif.

2. Kubuntu

Logo KubuntuKubuntu adalah varian Ubuntu dengan desktop KDE. Nama Kubuntu dari K-Ubuntu.

Kubuntu lebih menggunakan paket dari KDE/Qt daripada GTK+ toolkit berbasis aplikasi.

3. Xubuntu

Logo XubuntuXubuntu adalah varian Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Xfce. Xubuntu ditujukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah.

Xubuntu juga bertujuan mencari lingkungan meja yang lebih efisien pada komputer dengan kinerja tinggi. Proyek pertama Xubuntu dipimpin oleh Jani Monoses, pada tanggal 1 Juni 2006 dengan nama sandi Dapper Drake. Versi terakhir adalah 9.10 (Karmic Koala).

Pada bulan Oktober 2007, Monoses mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pimpinan proyek dan ia digantikan oleh Lionel Le Folgoc. Folgoc memimpin proyek tersebut sampai Maret 2008 sampai digantikan oleh Cody A.W. Somerville. Somerville mengembangkan strategi terperinci untuk proyek Xubuntu berjudul “Xubuntu Strategy Document”.

4. Lubuntu

Logo LubuntuNama Lubuntu adalah kombinasi dari LXDE dan Ubuntu. LXDE adalah singkatan dari Lightweight X11 Desktop Environment. Pada bulan Februari 2009 Mark Shuttleworth mengundang proyek LXDE menjadi proyek tersendiri dalam komunitas Ubuntu, dengan tujuan khusus untuk menghasilkan turunan resmi Ubuntu baru yang dinamakan Lubuntu.

Desktop LXDE menggunakan window manager Openbox dan dimaksudkan untuk menjadi sistem yang rendah persyaratan, menggunakan RAM sedikit untuk netbook, mobile devices dan PC (komputer) tua. Dalam tugas ini Lubuntu akan bersaing dengan Xubuntu.

Pada bulan Maret 2009, proyek Lubuntu dimulai pada Launchpad oleh Mario Behling, termasuk peresmian logo awal. Tujuan proyek Lubuntu adalah untuk mendapatkan sokongan dana dari Canonical. Proyek ini juga membuat sebuah halaman proyek wiki Ubuntu resmi, juga dipimpin Behling, yang mencakup daftar aplikasi, paket dan komponen. Pada bulan Agustus 2009, test ISO pertama diterbitkan sebagai Live CD, tanpa opsi untuk peng-instal-an

5. Sabily (Ubuntu Muslim Edition)

Logo SabilySabily (dulu dikenal sebagai Ubuntu Muslim Edition) adalah distribusi Linux turunan Ubuntu dengan dikhususkan pada aplikasi muslim.Sabily menggunakan sistem operasi Ubuntu sebagai dasar, tentu saja dengan menghapus, memodifikasi dan menambahkan perangkat lunak, dan juga menyesuaikan tampilan grafis agar sesuai untuk kaum Muslim.

Perangkat lunak utamanya adalah : Zekr dan Mus-haf Othman (Quran study tools), Minbar dan Firefox-praytimes (aplikasi prayer times), Monajat (aplikasi yang akan mengeluarkan popups prayers setiap beberapa waktu yang ditentukan), Hijra (kalender Islami) dan WebStrict (filter situs web). Bahasa Arab juga didukung dengan baik. Dan tentu saja desain grafis yang telah disesuaikan.

Perangkat lunak lainnya adalah OpenOffice (pengolah kata, spreadsheet, presentasi), Firefox (perambah web), Pidgin (pesan instant), F-spot (manajemen foto), Gimp (program manipulasi gambar) dan perangkat lunak multimedia lainnya (video/audio). Semuanya telah terkandung di versi “kecil” Sabily, namun versi “lengkap” mengandung lebih banyak lagi! (perangkat lunak edukasi, peralatan dan seluruh tilawah Quran, bisa dilihat daftar lengkapnya di situs resmi Sabily).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: