Rangkaian Elektronika Dasar – Dimmer


rangkaian dimmer

Rangkaian Dimmer

Deskripsi

Rangkaian Dimmer adalah rangkaian pengatur nyala lampu. Dengan rangkaian dimmer, nyala lampu bisa diatur dari yang paling gelap (mati), remang-remang sampai yang paling terang.


Fungsi Rangkaian

Komponen utama rangkaian dimmer adalah TRIAC, DIAC dan Variabel Resistor. TRIAC sebagai komponen utama berfungsi mengatur tegangan AC yang masuk ke lampu. DIAC dan VR berfungsi mengatur bias TRIAC yang menentukan  titik kerja on-off dari TRIAC.

Komponen

TRIAC yang dipakai bisa semua type dengan kapasitas daya (watt) yang sesuai dengan beban lampu, sebagai contoh type AC03F dan AC05F. DIAC bisa diganti dengan lampu neon kecil (indikator pada setrika). Yang perlu diperhatikan disini adalah tegangan kerja kapasitor, harus minimal 250V. Jadi bisa diganti dengan kapasitor yang mempunyai batas tegangan yang lebih tinggi. Untuk semua resistor harus menggunakan jenis resistor dengan daya minimal 0.5 watt.

Aplikasi

Rangkaian dimmer hanya bisa dipakai pada jenis lampu pijar/lampu konvensional. Rangkaian dimmer tidak bisa dipakai pada lampu neon/lampu hemat energi (nyala putih) karena akan menyebabkan kerusakan pada rangkaian dalam lampu.

20 Responses to Rangkaian Elektronika Dasar – Dimmer

  1. agil says:

    saya lagi belajar bikin dimmer nih…
    bisa disebutkan ga..komponen nya apa aja yang di butuhin buat bikin dimmer itu…
    trus ini kapasitas lampunya bisa nyampe 500 w,gmn caranya??

  2. teddy says:

    mau tanya kmrn beli dimmer merk cina bleduk. tuh knapa ya??
    dimmer dipake buat ngatur kecepatan blower(keperluan TA)
    spec blower 220 v 2 A (AC)
    spec dimmmer 250 v 10 A (AC)
    knpa ya bisa bantu ga??
    thanks..

    • Eko Purnomo says:

      Mungkin spek dimmernya ngepas mas, atau bisa juga kualitas komponennya sendiri. Coba yang rusak diganti mas, kalo masih mbleduk lagi ya desainnya barangkali kurang sempurna

  3. jimmy says:

    malam mas,
    mau nanya ne,
    minta dibikinin dimmer lampu halogen 220 VAC dengan memakai Thyristor HJS IRKT 56-16 ( 60A), email karya_electro_tekhnik@yahoo.com
    thanks before

  4. Makasih banget udah mau posting. Ane ada tugas beginian.
    😀

    Sekali lagi.
    Terima kasih

  5. Alvin says:

    klo diaplikasiin ke headlamp mobil bisa gk ya kira2??

  6. Budi santoso says:

    Mantab abizz….

  7. mas cool says:

    rangkaian ini apa bisa outputnya 110 V dan dayanya kurang dari 10 watt?

  8. tito says:

    maz untuk dimmer ini kan komponen utamanya memakai triac dan diac
    kalau diatur melalui tca 785 apakah bisa ?
    dengan mengatur sudut penulutannya ,, ,,
    sebelumnya terimakasih maz ,, ,,
    mohon penjelasannya

  9. Giri says:

    Mohon pencerahannya mas, apakah dimmer ini bisa dipakai sebagai alat terapi listrik. dimana si penerapi menginjak lempengan (+) dan yang diterapi mengijak yang (-). terima kasih.

  10. awhick says:

    untuk kapasitornya itu berapa? pake mikro apa nano ya mas?

  11. Pingback: Rangkaian Elektronika Dasar Dimmer | Rangkaian Elektronika

  12. Pingback: Rangkaian Elektronika Dasar Dimmer | Rangkaian Elektronika

  13. tony yaw says:

    Maaf mas ini,..udah pernah di tes belum mas…

    kalau pake triac BT – 139 Gimana mas ,bisa gx mas…makasih

  14. syaiful aziz says:

    mas minta gambar lyout diPCB nya !

  15. rizabuana says:

    maaf mas klo mau buat dimmer untuk lampu panggung komponennya pake triac tipe brapa kapasitas lampu 1000 w

  16. aluhpangestu says:

    cara pasang triac kaki nya ada tiga apa G nya letaknya yang mana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: