Cara memperbaiki lampu hemat energi


Lampu hemat energi

Lampu hemat energi

Lampu hemat energi saat ini sudah memasyarakat, disamping karena irit listrik juga harganya semakin terjangkau. Lampu hemat energi terdiri dari dua bagian, yaitu lampu neon dan rangkaian inverter. Rangkaian inverter berupa rangkaian elektronika yang berfungsi menurunkan level tegangan 220V menjadi tegangan yang sesuai dengan tegangan kerja neon.

Jika rangkaian inverter awet, maka umur pakai lampu hemat energi tergantung dari kekuatan lampu neon. Sayangnya lampu neon ini mempunyai masa pakai tertentu, jadi umur pakai lampu ini mengikuti masa pakai lampu neonnya. Jika lampu hemat energi rusak maka kita ganti dengan lampu baru, dan lampu yang lama dibuang padahal siapa tahu rangkaian inverternya masih baik.

Untuk mengidentifikasi kerusakan lampu dapat kita amati dari kaca lampu neon dan htungan umur pakai lampu. Jika kaca lampu neon tampak hitam/gosong atau umur pakai sudah lebih dari 2 tahun, kemungkinan besar lampu neonnya yang rusak. Jika demikian dapat kita perbaiki dengan cara berikut ini :

1. Buka lampu hemat energi dengan cara memanasi body lampu

Lampu hemat energi yang telah dibuka

Lampu hemat energi yang telah dibuka

2. Siapkan neon pengganti yang sesuai bentuk dan ukurannya

Neon pengganti

Neon pengganti

3. Lepaskan kawat penghubung neon dari rangkaian inverter

Lampu hemat energi rusak dan neon pengganti

Lampu hemat energi rusak dan neon pengganti

4. Lepaskan lampu neon dari body lampu

Lepaskan lampu neon dari bodi lampu

Lepaskan lampu neon dari bodi lampu

5. Pasang lampu neon baru

Pasang lampu neon baru ke bodi lampu

Pasang lampu neon baru ke bodi lampu

6. Sambungkan neon baru ke rangkaian inverter

Sambungkan kawat lampu neon baru ke rangkaian inverter

Sambungkan kawat lampu neon baru ke rangkaian inverter

7. Lampu dengan neon baru siap dipakai

Lampu hemat energi siap dipakai

Lampu hemat energi siap dipakai

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

Advertisements

39 Responses to Cara memperbaiki lampu hemat energi

  1. Panca Finissia says:

    “SS ELECTRIC”
    Melayani pembelian kaca lampu ECER maupun GROSIR, beli berapapun kami layani.
    sedia komponen Elco, TR 13001, 13003, 13005, 13007, 13009 merk ST, kualitas terjamin.
    Mesin hidup philip 2u 3u hidup tinggal rangkai.

    Jl. Lingkar Kudus-Jepara (belakang PT PURA)
    Dk Kencing, Jati Kulon 5/4, Jati, KABUPATEN KUDUS.
    Hp. 0856 40000 219 (PANCA)

    BISA ANTAR SAMPAI DEPAN RUMAH ANDA UNTUK WILAYAH
    – KUDUS
    – DEMAK
    – SEMARANG
    – UNGARAN
    – AMBARAWA
    – SALATIGA
    – BOYOLALI
    – KLATEN
    – SOLO
    – BOYOLALI
    – PURWODADI

    ONGKOS KIRIM GRAAAAATIIIISSSSSSS…!!!!

  2. Panca Finissia says:

    -= JUAL =-
    Berbagai macam kaca lampu dan sparepartnya.
    Melayani ecer & grosir
    Resistor, Transistor 13003, 13005, 13007, 13009 merk ST.
    Elco 3,3uF 6,8uF 10uF 22uF 33uF
    mesin baru, mesin bekas hidup, casing, lem, slongsong kabel dll.

    DAFTAR HARGA ECER :
    2U 5/8/11/14 Watt Lokal Rp 2.000,-
    2U 5/8/11/14 Watt Semi Rp 3.200,-
    3U 18/23 Watt Semi Rp 4.200,-
    2U 5/8/11/14 Watt Ori Rp 4.300,-
    3U 18/23 Watt Ori Rp 6.200,-
    3U 18/23 Watt Ori (TriBand) Rp 7.000,-
    Spiral Kencur/Genie Rp 4.200,-
    Spiral Bodong Rp 4.500,-
    Spiral Ori 3T Rp 7.200,-
    Spiral Ori (20/24 Tornado) Rp 7.500,-
    45 Watt Rp 14.000,-
    65 Watt Rp 15.000,-
    Spiral 45 Watt Rp 18.000,-
    Spiral 85 Watt Rp 31.000,-
    Lotus 45 Watt Rp 21.000,-
    Lotus 55 Watt Rp 23.000,-
    dll….

    Kudus , Demak , Semarang , Ambarawa , Salatiga , Boyolali , Klaten , Solo , Purwodadi , diantar sampai rumah, ONGKIR GRATIS..!!!

    MINAT…???
    Datang ja ke
    “SS ELECTRIC”
    Jl. Lingkar Kudus-Jepara (belakang PT PURA)
    Jati Kulon 5/4, Jati, Kudus.
    Hp 0856 40000 219 ( Panca )

    Pati , Jepara , cara servis lampu . cara service lampu , LHE , lampu hemat energi
    philips , shinyoku , osram , panasonic ,

  3. Anam says:

    Dengan mudah anda sudah bisa mendapatkan kaca lampu & mesin lampu di sekitar jepara,kudus,dan demak,silahkan yg ingin order di tempat kami mempunyai semua jenis kaca dari
    2u,3u,4u,dan spiral.dan dapatkan bonus setiap bulan dari kami
    Cp:mas anam
    089601160313
    085290738192
    jln.welahan mayong ds.timenur rt01/03 JEPARA

  4. agus dwi santosa says:

    Minta info mas , rangkaian balas electronik LHE 18watt sampai 55watt yg masih normal outputnya berapa volt ? Tanpa neon .

    • Eko Purnomo says:

      Outputnya pulse mas, sinyal kotak. diukur pakai oscilloscope. kalo ndak ada neonnya mungkin malah ndak bisa osilasi rangkaiannya

  5. alam says:

    bisa kirim sampai tuban.jatim g brow?

  6. yanto says:

    maaf mas,numpang jual lampu bekas merk sinyoku.minat hub 02470376730

  7. Setio says:

    Mas. Tolong tanyak, yang dikatakan kaca lampu dan mesin lampu itu kacanya lampu apa, dan mesinlampu itu mesin apa.Trim. Setio.

  8. zaenal says:

    ooo. ternyata cuma gitu doang, hehe…. trims

  9. yanto says:

    kalo di daerah lampung udah ada yg jual kaca lampu belum ya mas?

  10. yanto says:

    kalo saya pesen bisa di kirim ke lampung enggak mas.?

  11. azka zhee says:

    ini kirim gratisnya kok gak ada tulisan buat ke JEPARA yah? hahahaha

  12. hartanto.zone@yahoo.com says:

    KACA LAMPU PONOROGO JATIM
    2u, 3u, 4u, Spiral & Lotus HARGA BERSAING…..!!!!!!!

    Alamat : Desa Ngindeng Kec. Sawoo Kab. Ponorogo
    Hub : (TANTO) 085 851 311 588 / 085 236 232 456

  13. Abu muhammad says:

    Kapan2 tak kesitu

  14. Slamet.jhe says:

    Mksh infonya, tp kalau sya mau pesan bisa diantar nyampe daerah temanggung jateng ngak?

  15. wow says:

    ada yg jual saklar gak?
    pesenin no.kaga pd aktif….haha

  16. hendri says:

    Saya di jakarta pusat mau jual lampu philips bekas mati siapa tau ada yg mau kanibal komponen inverternya.minat hub 08818096015

  17. Bifatir says:

    Artikel e rung njamah neng mesin seng 45wat kui, lho mbok ya d lengkapi to kang. Ben cah koyo aku ki tambah ngerti. Nuhun

  18. hadhilana says:

    Berbagai macam kaca lampu dan sparepartnya.
    Melayani ecer & grosir
    Resistor, Transistor 13003, 13005, 13007, 13009 merk ST.
    Elco 3,3uF 6,8uF 10uF 22uF 33uF
    mesin baru, mesin bekas hidup, casing, lem, slongsong kabel dll.

    DAFTAR HARGA ECER :
    2U 5/8/11/14 Watt Lokal Rp 2.000,-
    2U 5/8/11/14 Watt Semi Rp 3.200,-
    3U 18/23 Watt Semi Rp 4.200,-
    2U 5/8/11/14 Watt Ori Rp 4.300,-
    3U 18/23 Watt Ori Rp 6.200,-
    3U 18/23 Watt Ori (TriBand) Rp 7.000,-
    Spiral Kencur/Genie Rp 4.200,-
    Spiral Bodong Rp 4.500,-
    Spiral Ori 3T Rp 7.200,-
    Spiral Ori (20/24 Tornado) Rp 7.500,-
    45 Watt Rp 14.000,-
    65 Watt Rp 15.000,-
    Spiral 45 Watt Rp 18.000,-
    Spiral 85 Watt Rp 31.000,-
    Lotus 45 Watt Rp 21.000,-
    Lotus 55 Watt Rp 23.000,-
    untuk daerah tegal pemalang pekalongan siap antar gratis..
    087770045004

  19. ahahaha betul2 deh yg nulis blog ini ,,, ibarat cerminan jati diri ku,,, semua yg kulakukan eh ditulis smua ,,, keren keren

  20. kama says:

    kalau daerah bekasi dimana ya?
    hub kama 08999977955

  21. agoes says:

    bisa antar k daerah tayu brow,,,

  22. kalau daerah gorontalo brow….?

  23. hubungi nomorku untuk daerah kota gorontalo kab. boalemo 0852 400 25 176 (Hadi Leo)

  24. dian says:

    kalau untuk sul-sel daerah kota palopo, ada nggak

  25. andri says:

    dibekasi ada agen,y g mas .sya kepengen belajar service lampu juga kepengen jadi agen hubungin saya tlpn atau sms dinomer 087879156735

  26. grosir kaca/part lampu

    desa kaligunting, CARUBAN,. kab.MADIUN

    rahmat 082141571948

    • nanti says:

      KAlau lampunya bisa hidup tapi bagian capasitor starter harus dihubungkan singkat.kalAu ngak gitu gak bisa nyala.kira kira apanya yang rusak.

  27. panca finissia says:

    MENERIMA PELATIHAN SERVIS LAMPU, GRATIS!!!
    juga menyediakan segala jenis tabung kaca lampu dan sparepart servis lampu.
    sekring, resistor, dioda, elko, transistor, mylar dan semua alat pendukung servis lampu.
    minat? langsung aja ke TKP,
    jl. Lingkar Kudus-Jepara KM1,
    dk. Kencing, jati Kulon 5/4, Jati, Kab. Kudus.
    belakang PT. PURA, depan garasi bis EFISIEN.
    085640000219
    servis lampu kaca lampu kudus jepara pati demak

  28. Sayidin says:

    daerah pemalang/cirebon ada tidak ya, sy lg nyari kaca sm mesin ny buat buka dkter lampu kl ada hub
    085287341399

  29. Sayidin says:

    untuk wilayah cirebon/pemalang ada tdk ya, sy lg nyari mesin sm kaca lampu buat buka dokter lampu, kl ada hub
    085287341399

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: