Cara memperbaiki printer epson LX-800 mati total


Printer epson LX-800Printer epson LX-800 saat ini kembali populer seiring dengan banyaknya jasa layanan pembayaran listrik online (PPOB). Kelebihan printer ini adalah bisa print tembus karbon. Hal ini karena printer epson LX-800 menggunakan sistem dot matrik, bukan tinta/toner.

Berhubung harga printer ini relatif mahal, jadi kebanyakan kita akan mencari printer seken/bekas. Resiko barang bekas tentu saja kualitasnya tidak bisa dijamin 100%. Sekedar pengetahuan saja, printer ini pertama kali diluncurkan ke pasaran sekitar tahun 90an, jadi umurnya rata-rata lebih dari 10tahun.

Cerita ini berawal dari seorang teman yang sedang membuka loket pembayaran listrik. Namun baru sebentar dibuka dia mengalami trobel pada printer yang sering mati saat digunakan. Setelah dibawa ke bengkel dan di solder ulang lalu printer tersebut normal lagi. Namun setelah dipakai beberapa saat printer tersebut kumat lagi. Hal ini tentu mengganggu pelayanan dan berpotensi ditinggalkan pelanggan.

Setelah cerita-cerita akhirnya printer tersebut akhirnya dibawa ke rumah saya untuk diperbaiki, sebisanya katanya. Printer kemudian tak buka dan pertama kali tentu dicek bagian power supplynya. Berhubung rangkaiannya agak ruwet akhirnya cari-cari info digoogle, kira-kira ada skema power supply-nya ndak ya? Harapannya setelah ada skema tentu akan mudah melokalisir letak kerusakan.

Agaknya keberuntungan sedang bersama kami, baru brosing sebentar saja kami sudah dapat skema power supplynya. Berikut ini gambar skema power supply printer Epson LX-800 (Klik gambar agar lebih jelas)

Skema power supply LX-800Power supply printer Epson LX-800 menggunakan sistem switching tegangan rendah sekitar 24volt. IC osilator PWM menggunakan uPC494C sama dengan IC inverter yang sering dipakai dipasaran. Setelah dicek ternyata IC ini tidak mendapat supply dan yang menjadi penyebabbya adalah transistor C1394 pada kolektornya tidak ada tegangan karena jalur putus sedikit pada pad soldernya.  Dengan menyambung jalur printer kemudian dapat berfungsi dengan baik.

Untuk lebih lengkap tentang Service manual Printer Epson LX-800 dapat didownload disini.
Sedangkan Users manual Printer Epson LX-800 dapat didownload disini.

Advertisements

3 Responses to Cara memperbaiki printer epson LX-800 mati total

  1. oop says:

    printer LX-800 saya kalau ngeprint suka error,ngeprint setengah tidak full,baru 2 baris sudah mati terus kadang2 nyetak abjad terus,tidak ngeprint sesuai ketikan,apa masalahnya yah?????

  2. alinecell says:

    Kalo printer saya baru dinyalain langsung jalan terus gak berhenti2 itu gimana solusinya boss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: