Menghemat kuota internet pada android dengan aplikasi droidwall


Logo droidwallAndroid datang ke dunia smartphone dengan membawa semangat gratis dan opensource. Setiap ponsel atau tablet android tidak dikenakan lisensi atas software sistem operasi android. Hal ini karena google sebagai pemilik android memberikannya secara gratis. Artinya siapapun dapat menggunakan, memodifikasi dan menyebarkan android secara bebas.

Setiap pengguna android dapat bebas mengakses ribuan aplikasi pada playstore(gudangnya aplikasi android). Dan sebagaimana diketahui bahwa google sebagai pemilik android hanya mewajibkan setiap pengguna memiliki akun google untuk dapat mengakses play store ini.

Internet adalah syarat mutlak yang dibutuhkan untuk mengakses play store. Selain itu beberapa aplikasi seperti browsing dan sosial network juga wajib menggunakan akses internet agar dapat bekerja dengan baik. Hal ini mengharuskan setiap pengguna harus mengaktifkan layanan data setiap saat agar dapat menikmati layanan seperti aplikasi Facebook, Whatsapp, KakaoTalk, Line dan lain-lain.

penggunaan data internet android

Masalah yang timbul kemudian adalah mengapa pemakaian data menjadi sedemikian besar sedangkan menurut kita hanya menggunakan internet secara singkat dan sedikit. Banyak dari pengguna yang kemudian terjebak pada biaya internet yang mahal dan cukup menguras kantong sampai akhirnya harus mengaktifkan layanan data pada saat-saat tidak digunakan. Keputusan ini tentu menyebabkan beberapa kendala seperti pemberitahuan pesan lewat Whatsapp yang tidak tepat waktu, pemberitahuan dari Facebook yang terlambat dan sebagainya.

Mengapa demikian? Mengapa penggunaan data android menjadi sangat boros? Jawabannya adalah setiap aplikasi pada android bebas untuk menggunakan layanan data secara default tanpa persetujuan dari pengguna terlebih dahulu. Masing-masing aplikasi akan mengakses internet untuk sinkronisasi, mendownload iklan atau bahkan hanya sekedar mengecek update. Terkadang fitur ini memang kita butuhkan, namun banyak diantaranya yang menjadi sia-sia.

Untuk menghemat kuota internet pada android kita perlu memasang sebuah pengatur koneksi internet yang berfungsi membatasi akses internet masing-masing aplikasi. Salah satu aplikasi pengatur koneksi internet yang cukup populer adalah droidwall.

droidwall
Droidwall – Android Firewall adalah aplikasi iptables linux yang powerful. Droidwall memungkinkan pengaturan ijin koneksi data internet setiap aplikasi android. Droidwall adalah solusi yang sempurna bagi yang mempunyai kuota internet terbatas atau bagi yang masih menikmati internet dengan biaya mahal. Selain itu droidwall memungkinkan untuk lebih menghemat battery karena koneksi internet menjadi lebih efisien.

droidwall-ss

Untuk mengaktifkan droidwall kita tinggal mengubah firewall menjadi enabled dan kemudian hanya item yang dicentang saja yang dapat konek ke internet. Yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan droidwall ponsel atau tablet android harus sudah di-root atau diinstal superuser.

Silahkan download droidwall disini (ukuran file 310KB).

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

Advertisements

One Response to Menghemat kuota internet pada android dengan aplikasi droidwall

  1. kalau paket internet sudah unlimited tidak perlu pakai apps itu kali ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: