Menyimpan file lebih aman di ubuntu one


Logo ubuntu one
File adalah sebuah data digital yang disimpan pada media digital seperti harddisk, memory card, atau flashdisk. Seiring dengan pengaruh dunia digital yang semakin besar dalam kehidupan kita, terutama sejak adanya laptop, ponsel dan bahkan saaat ini smartphone.

Banyak momen dalam kehidupan kita yang terabadikan dalam file digital seperti foto, video, dokumen dan musik. Selama ini kita sering mengabaikan media penyimpanan, dan oleh karena itu maka tidak banyak pula dari kita yang sering kehilangan data karena perilaku ini.

Jika kita menyimpan file dalam flashdisk maka file akan hilang jika flashdisk kita rusak atau kena virus. Demikian juga jika kita menyimpan file kita dalam harddisk yang juga tidak luput dari bahaya kerusakan. Lalu apa yang terjadi jika file berharga itu hilang begitu saja? Momen-momen penting yang terekam dalam foto dan video akan hilang, begitu juga pekerjaan tentunya akan terganggu karena dokumen penting juga hilang.

ubuntu one file manager

Untuk mengatasi hal itu kita dapat memanfaatkan jasa penyimpanan online gratis seperti Ubuntu One. Untuk menggunakannya kita hanya cukup mendaftar seperti biasa dan kita akan langsung mendapatkan space memori penyimpanan 5GB secara gratis. Kita bisa menyimpan apapun di Ubuntu One tanpa takut hilang atau rusak karena pihak Ubuntu One tentu telah melakukan back-up file secara berkala.

Mengapa memilih Ubuntu One? Awalnya saya memilih ubuntu one adalah karena saya seorang pengguna linux. Namun setelah merasakan fitur-fitur dan kemudahan dalam pengelolaan file saya jadi betah menggunakan dan masih tetap menggunakannnya sampai sekarang. Tampilan Ubuntu One yang simple membuat pengguna mudah untuk melakukan upload , share dan download secara cepat.

Soal keamanan file, saat pertama kali diupload privasi file otomatis menjadi pribadi atau tidak dishare (nama file warna merah) dan jika kita mau share file tersebut tinggal klik more> publish file dan kita akan mendapatkan link untuk download file tersebut. Selanjutnya tinggal bagikan saja link tersebut melalui facebook atau blog. Mudah bukan?

aplikasi ubuntu one

Ubuntu One juga menyediakan fitur sinkronisasi file dengan cara menginstal aplikasi Ubuntu One pada komputer. Aplikasi Ubuntu One tersedia dalam berbagai platform, seperti Ubuntu ( Linux), Windows, Mac bahkan aplikasi untuk Android dan Iphone juga ada. Untuk melakukan sikronisasi file kita cukup menginstal aplikasi tersebut, konek internet dan mulai lakukan sinkronisasi.


Untuk daftar di Ubuntu One, Silahkan klik disini


Download Aplikasi Ubuntu One untuk Windows disini


Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: