Mengenal Java Runtime Environment


logo javaJava adalah salah satu plug in penting pada browser. Java berfungsi untuk menjalankan javascript yang ada pada halaman web yang dibuka oleh browser. Bagi yang belum mengetahui apakah itu javascript, singkatnya javascript adalah sebuah source code program yang dieksekusi pada komputer client (komputer yang kita pakai untuk browsing) bukan pada komputer server seperti source code PHP. Jadi javascript memerlukan sebuah lingkungan software  java (java runtime environment/JRE) untuk dapat berjalan.

Sejarah Perkembangan Java

Java pertama dikembangkan oleh oleh James Gosling dari Sun Microsystem. Kini Java dikembangkan oleh perusahaan software Oracle Corporation. Versi terakhir java saat artikel ini dibuat adalah versi 7 update 45 (1.7.0.45). Kode program java ditulis dengan bahasa pemrograman Java dan C++. Java dapat berjalan pada beberapa sistem operasi yang berbeda seperti Windows, Linux, Mac OS dan Solaris. Lisensi java adalah Freeware, hak milik. Artinya java dapat digunakan secara bebas (free/gratis) namun kepemilikan Java tetap pada Oracle.

Aplikasi Java pada Website

Contoh situs yang menggunakan javascript adalah facebook dan google. Fungsi java dapat dilihat pada saat kita mengetikkan kata pada textbox pencarian google. Kalau di facebook fungsi javascript dapat dilihat pada beberapa tampilan dinding yang terlihat dinamis tanpa harus kita refresh terlebih dahulu.

Beberapa javasript tidak memerlukan ijin (permisson) seperti refresh halaman, fungsi jam digital atau sekedar fungsi autocomplete seperti pada google. Namun ada juga javascript yang memerlukan ijin/permision sebelum berjalan. Hal ini berkaitan dengan keamanan komputer yang kita pakai untuk browsing agar tidak disusupi program jahat seperti malware atau spyware. Contoh website yang memerlukan permission untuk java adalah http://www.keepvid.com. Website ini menyediakan fasilitas download video/audio dari youtube.

keepvid java permisson

Download Java

Java bisa didownload secara bebas pada situs resmi java di http://www.java.com. Terdapat beberapa link download sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Disediakan dua metode download yaitu secara online maupun offline. Jika ingin menginstal java pada komputer lain kita pilih download secara offline saja. Dengan demikian kita telah mempunyai file installer yang bebas diinstal dikomputer lain.

Berikut ini link download Java :

Cara Instal Java Offline pada windows:

  1. Download java offine installer disini.
  2. Jalankan file exe hasil downlod tadi
    instal java
  3. Ikuti petunjuk instalasi sampai selesai.
  4. Setelah selesai akan ada pesan bahwa java telah sukses diinstalfinish-instal-java
  5. Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

Advertisements

3 Responses to Mengenal Java Runtime Environment

  1. Pingback: Bagian-bagian power supply | Wilujeung Sumping

  2. zacknov says:

    Menarik tulisan tentang java, saya kutip ke blog saya ya..:-)

  3. TheHeran.com says:

    Mantap gan… patut buat dicoba…

    kunjungi juga blog terbaru saya untuk beberapa tutorial android berbahasa indonesia gan.

    terimakasih. Bisa berkunjung ke http://www.theheran.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: