Membuat power amplifier dengan IC TDA2030


power-amp-tda2030
Power amplifier adalah rangkaian yang berfungsi untuk memperkuat sinyal audio agar bisa dimasukkan ke speaker. Syarat dari sebuah power amplifier adalah mempunyai impedansi output yang rendah yang sesuai dengan impedansi speaker. Dulu rangkaian power amplifier yang terkenal dan banyak dipakai  adalah rangkaian power aplifier yang menggunakan penguat transistor dengan konfigurasi penguat kelas B dan kelas AB. Hal ini dikarenakan penguat kelas B dan penguat kelas AB mempunyai efisiensi yang lebih baik jika dibandingkan dengan penguat kelas A

Kini membuat power amplifier menjadi lebih mudah dengan ditemukannya IC (Integrated Circuit). Sebuah IC power amplifier memudahkan kita dalam perancangan, karena sifatnya yang instan. Kita hanya perlu memberikan supply, sinyal input dan menghubungkannya ke speaker. Setelah itu kita hanya tinggal mengatur seberapa besar penguatannya dan mau dikonfigurasikan membalik atau tidak membalik.

keterangan-pin-ic-tda2030

Keterangan pin IC TDA2030

Salah satu IC power amplifier yang simpel, kecil namun powerful adalah IC TDA 2030 keluaran dari SGS Thompson. IC TDA2030 merupakan IC power amplifier mono. Jadi untuk membuat sebuah power amplifier stereo diperlukan dua buah IC TDA2030. Untuk konfigurasi rangkaian power supplynya dapat dipilih 2 mode, yaitu mode single supply dan dual supply. Dan untuk membuat daya output lebih besar dapat dipakai dua IC TDA2030 yang dikonfigurasikan BTL. Pembahasan mengenai detail masing-masing rangkaian tersebut akan dibahas pada artikel selanjutnya.

IC TDA2030 mempunyai daya output maksimum 20W dengan range tegangan supply mulai dari 8V sampai 18V catu daya ganda. IC ini banyak dipakai pada amplifier televisi dan audio mobil ukuran menengah. IC ini juga cocok dipakai untuk membuat speaker aktif ukuran sedang dan untuk pengeras suara sound komputer. Bentuknya yang kecil dan kakinya yang tidak terlalu banyak memudahkan proses perancangan layout PCB. Seperti IC power amplifier kelas AB pada umumnya, IC TDA2030 juga akan panas saat digunakan terutama pada daya maksimal. Untuk menjaga agar tidak terlalu panas, harus ditempatkan sebuah pendingin (heatsink) yang ditempelkan pada body IC.

Spesifikasi IC dapat dilihat pada tabel berikut ini:

statistik-tda2030
karakteristik-tda2030
ukuran-fisik-tda2030

Datasheet IC TDa2030 dapat didownload disini

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

3 Responses to Membuat power amplifier dengan IC TDA2030

  1. dewa kumat says:

    cara mengetahui wattt amplyy gmana mas

  2. Dedi Priyono says:

    total biaya nya berapa mas?

  3. Johan says:

    Pengen bisa merakit amplifier tapi bingung sekali akan rangkaiannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: