Apa Yang Dimaksud dengan BitCoin ?


matauang bitcoin
Bitcoin adalah mata uang virtual yang memungkinkan orang untuk melakukan transaksi keuangan secara langsung melalui sarana elektronik. Dengan kata lain, Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak dibatasi oleh batas negara. Bitcoin tidak dikeluarkan oleh Bank. Bitcoins hanya dapat dikeluarkan oleh “penambang” yang disebut MINERS dan melalui operasi yang juga disebut dengan “pertambangan”. Dengan Bitcoin maka transaksi dapat dilakukan secara langsung tanpa melalui perantara pihal lain misal: Paypal, situs Bank dan alat pembayaran lainnya.

Sejarah Bitcoin

Kelahiran Bitcoin dikaitkan dengan sebuah nama “Satoshi Nakamoto”, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang menciptakan Bitcoin dan hiper – canggih perangkat lunak antara tahun 2009 dan 2010. Sampai saat ini masih belum jelas identitas asli dari Satoshi Nakamoto. Dari tulisan forexticket disebutkan bahwa konsep pertama bitcoin adalah b-money dari Wei Dei yang menjadi inspirasi bitcoin namun dengan pengembangan yang lebih baik pada keamanan dan legitimasi user.

Prinsip dasar  Bitcoin

  1. Bitcoin tidak dikeluarkan oleh Bank, sehingga mengurangi biaya tambahan untuk jasa regulasi yang dilakukan oleh Bank.
  2. Penerbitan Bitcoin hanya bisa dilakukan dengan proses pertambangan (penambang bitcoin disebut Miners) dan total jumlah Bitcoin maksimal adalah 21juta Bitcoin. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah inflasi.
  3. Pengaturan Bitcoin tidak dilakukan secara terpusat seperti Bank, namun dilakukan oleh masing-masing komputer dengan jaringan Bitcoin.
  4. Satuan Bitcoin dinyatakan dengan 1 BTC.
  5. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node – node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi.
  6. Bitcoin menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi – fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin – bitcoin hanya dapat di habiskan oleh orang mempunyainya (disimpan dalam Wallet), dan tidak boleh dilakukan lebih dari satu kali.
  7. Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin – bitcoin dapat di simpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga.
  8. Transfer dapat dilakukan secara langsung , peer-to -peer , tanpa harus melalui pihak ketiga seperti Paypal atau Website suatu bank.

Kelebihan Bitcoin :

  1. Aman dari pemalsuan, hal ini dikarenakan aturan Kriptografi mencegah pemalsuan bitcoin.
  2. Netralitas, Bitcoin tidak dipengaruhi oleh batas negara, politik dan wilayah/daerah.
  3. Bitcoin ini dilindungi dari inflasi. Jumlah Bitcoins dikeluarkan dikendalikan dan terbatas maksimal 21juta Bitcoin.
  4. Lebih efisien dalam bertransaksi karena tidak ada perantara pihak ketiga seperti bank, paypal dan sebagainya.

Kelemahan Bitcoin:

  1. Nilai bitcoin sangat fluktuatif dimana pergerakannya sangat dipengaruhi oleh spekulasi permintaan pasar.
  2. Meskipun sangat aman dari pemalsuan, namun bitcoin akan hilang begitu saja jika terjadi kerusakan pada perangkat yang menyimpan Wallet anda, dan sampai saat ini belum ada pihak yang menjamin bitcoin anda.
  3. Karena mengijinkan bertransaksi tanpa nama (anonymous) maka bitcoin rawan digunakan untuk tindak kejahatan seperti pencucian uang, transaksi narkoba dan komoditas ilegal.

Namun terlepas dari semua itu, bitcoin merupakan aset dunia dan nyatanya perkembangannya semakin lama semakin pesat. Sekarang sudah mulai banyak yang menerima bitcoin, bahkan terakhir ada mobil mewah yang dibeli dengan bitcoin. Konon harganya sekitar 97 BTC atau 873.000.000 (1BTC=9.000.000).

Bagaimana dengan kita, tertarik mengoleksi bitcoin? Artikel selanjutnya akan membahas bagaimana cara mendapatkan bitcoin.
Silahkan lihat video tutorial Bitcoindisini

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: