Membuat tab pada Windows Explorer


clover-multi-tab-windows-explorerWindows Explorer adalah aplikasi file manager legendaris dari windows. Seiring perkembangan komputer, banyak aplikasi browser yang kemudian dibuat sistem TAB. Jadi pengguna bisa membuka beberapa address pada satu window. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna saat melakukan kopi paste file dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Tampilan aplikasi dengan sistem TAB sudah bisa ditemui pada browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan bahkan Internet Explorer yang notabene merupakan buatan Microsoft sama seperti Windows Explorer. Namun entah mengapa Microsoft masih belum membuat multi tab pada Windows Explorer. Jika kita melihat File manager pada sistem operasi Linux, seperti Dolphin dan Nautilus akan ditemui sistem TAB seperti pada beberapa browser yang telah disebutkan tadi. Dan ini tentu merupakan suatu kemajuan Linux dari Windows. Namun sampai saat ini tetap saja tampilan Windows Explorer tidak berubah dan masih tetap  setidaknya seperti 10 tahun atau bahkan 15 tahun yang lalu.

Beberapa pengguna mencoba mencari solusi dengan menginstal aplikasi file manager baru seperti Windows Commander atau Free Commander dengan tampilan mengadopsi aplikasi Norton Commander, sebuah aplikasi file manager versi DOS yang populer sekitar tahun 90an. Namun tampaknya kebiasaan membuka Windows Explorer dengan cara meng-klik My Computer ata My Documents mengalahkan segalanya. Meskipun sudah ada aplikasi file manager lain, tetap saja ujung-ujungnya kita kembali membuka Windows Explorer.

multi-tab-windows-explorerKini sudah ada aplikasi add-on untuk membuat Windows Explorer menjadi sistem TAB. Salah satu aplikasi yang saya pilih adalah Clover buatan EJIE Technology. Aplikasi ini akan terintegrasi dengan Explorer, sehingga saat kita klik shortcut My Computer atau My Document maka otomatis Clover akan ikut berjalan dan membungkus tampilan Windows Explorer ke dalam bingkai Multi Tab. Kita bisa menambahkan Tab baru dengan mudah seperti pada Goggle Chrome dan Mozilla Firefox. Tampilan Skin-nya juga cantik seperti Windows 7, dan ini membuat seolah-olah Windows Explorer menjadi Multi Tab dan kita lupa ada Clover yang berperan.

about clover“Clover is an extension of the Windows Explorer, to add multi-tab functionality similar to Google Chrome browser. After install Clover, you will be able to open multiple folders within the same window, and you can also add folder bookmarks.”

Kalimat diatas adalah penjelasan singkat dari situs resmi Clover, http://www.ejie.me. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia kurang lebih berart:

“Clover adalah aplikasi tambahan dari Windows Explorer, untuk menambahkan fungsi banyak Tab seperti pada browser Google Chrome. Setelah menginstal Clover, anda akan dapat membuka banyak folder dalam satu endela (window) dan anda juga dapat menambahkan bookmark folder. “

Clover dapat didownload secara gratis dari situs resmi Clover di http://www.ejie.me. Clover tersedia dalam berbagai bahasa , seperti Bahasa Inggris, Prancis, China, Spanyol, Belanda dan Portugis. Ukuran file Clover Setup relatif kecil (namun besar manfaatnya-bagi saya) yaitu sekitar 2.5MB. Clover bisa berjalan baik pada Windows XP, Windows 7 dan Windows 8. Selain berukuran kecil, Clover juga ringan saat dijalankan.

Selain Multi Tab, fitur tambahan Clover yang juga menarik dan memudahkan pengguna adalah fitur bookmark. Fitur bookmark akan menyimpan lokasi folder-folder penting yang biasa kita buka sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan dan rutinitas kita. Bagi yang terbiasa menggunakan bookmark pada browser, ini adalah sama persis dan akan memudahkan kita dalam mengunjungi folder-folder penting selayaknya alamat-alamat website pada internet.

Silahkan download Clover versi 3.0.386 disini.

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini (ukuran file=160KB)

Advertisements

2 Responses to Membuat tab pada Windows Explorer

  1. bence says:

    nice share gan….

  2. bence says:

    nice share gan……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: