Download file apk flappy bird untuk android


Flappy-Bird-TeaserFlappy bird adalah game sedang menjadi fenomena dunia saat ini. Game yang konon hanya memerlukan dua hari untuk menyelesaikannya ini, kini sudah terinstal pada lebih dari 50 juta ponsel android dan ios di seluruh dunia. Dan yang menjadi kontroversi adalah disaat puncak popularitasnya, game ini kemudian “dibunuh” oleh pembuatnya, Dong Nguyen. Nguyen secara resmi mencabut Flappy Bird dari App Store dan Google Play Store pada 10 Februari 2014.

Kelahiran Flappy Bird

Flappy Bird adalah game buatan Dong Nguyen, seorang developer indy asal Vietnam. Cikal bakal Flappy Bird dapat ditelusuri dari akun twitternya pada tanggal 6 november 2012. Saat itu Nguyen memposting gambar tentang game yang sedang ia kerjakan. Gambar tersebut berupa karakter burung yang kemudian menjadi karakter utama dari game Flappy Bird.
dong-nguyen-pencipta-flappy-birdPada tanggal 29 April 2013 Nguyen kembali memposting gambar tentang sebuah game yang ia beri judul Flap-flap. Dan sebulan kemudian, tepatnya pada 24 Mei 2013 game ini sudah bisa di temui di App Store dengan judul Flappy Bird. Sampai 31 Oktober 2013, game ini hanya terlihat biasa dan hanya mendapat 13 ulasan saja dari pengguna.

Awal kepopuleran Flappy Bird

Flappy Bird mulai menarik perhatian ketika pada tanggal 29 Oktober 2013 data App Annie memasukkan Flappy Bird pada urutan ke 1.469 untuk kategory aplikasi keluarga. Kemudian pada tanggal 14 November peringkatnya naik menjadi 1.368 sekaligus meningkatkan jumlah ulasan menjadi 20 ulasan. Pada 3 Desember 2013,  Peringkat Flappy Bird naik drastis dan berhasil masuk ke urutan ke-74 di kategori keluarga.

Flappy Bird hadir di android

Kepopuleran Flappy Bird di App Store mendapat respon dari pengguna yang menginginkan Flappy Bird juga hadir di Android. Ungkapan pengguna twitter tersebut dibalas oleh Nguyen pada tanggal 11 Desember 2013. Dan akhirnya Nguyen merilis  Flappy Bird untuk Android pada 22 Januari 2014.

Kesuksesan Flappy Bird

Awal februari boleh dibilang menjadi puncak kesuksesan Flappy Bird. Pada tanggal 1 Februari 2014, Flappy Bird menduduki peringkat teratas game gratis App Store di 53 negara. Disisi yang lain, tepatnya sepekan setelah dirilis, Flappy Bird juga menduduki peringkat teratas aplikasi yang paling banyak diunduh di Play Store.

Dari sisi finansial, kesuksesan Flappy Bird juga mendatangkat pundi-pundi uang bagi penciptanya. Nguyen mengatakan telah mendapatkan setidaknya mendapatkan uang $US 50.000 per hari dari hasil iklan pada game Flappy Bird.

Ulasan pengguna juga naik drastis, bahkan dari informasi seorang bernama Zach Williams sempat mencatat sekitar 68.000 ulasan pengguna.

Dibalik kesuksesan Flappy Bird

Sesuatu tidak mungkin besar seorang diri, dan itu turut menyertai kesuksesan Flappy Bird. Game yang baru 6 bulan dirilis di App Store dan 1 minggu di Play Store langsung menjadi nomor satu dan trending topik dunia. Perlu dicatat bahwa ini semua dilakukan tanpa iklan.

Salah satu faktor penting yang membuat Flappy Bird besar adalah media sosial seperti tweeter, facebook dan Path. Flappy Bird besar secara alami dan berkembang dari orang ke orang secara cepat. Orang-orang mulai berbagi skor dalam bermain Flappy Bird dan menantang yang lain untuk bermain Flappy Bird juga.

Selain itu ada juga pendapat bahwa kesuksesan dan kepopuleran Flappy Bird tidak lepas dari review dari seorang pengguna youtube dengan nama pengguna PewDiePie yang sering mengungkapkan pengalamannya dalam bermain game. Perlu dicatat juga bahwa PewDiePie memiliki pelanggan lebih dari 21juta orang.

Kontroversi Flappy Bird

Kesuksesan Flappy Bird tidak semata-mata mulus dan mengalir dengan mudah. Beberapa tanggapan muncul seperti pujian dan cacian. Banyak yang putus asa karena tidak mampu mencapai skor tinggi pada permainan ini. Bahkan Flappy Bird dianggap sudah menjadi barang aditif yang mencandui kehidupan sehari-hari penggunanya.

Selain itu beberapa ornamen pada game Flappy Bird dituduh mencontoh permainan Super Mario Bros dari Nintendo. Beberapa ornamen tersebut seperti Pipa, karakter burung dan suara saat berhasil melewati pipa. Hal ini memunculkan spekulasi kalau Flappy Bird akan segera terjerat masalah hukum dan lisensi.

Flappy Bird Dihapus dari App Store dan Play Store

Kesuksesan tidak selalu membawa kebahagiaan, setidaknya itulah sepenggal kata yang tercermin dari pengakuan Dong Nguyen. Popularitas Flappy Bird yang naik drastis dan penghasilan yang luar biasa besar justru menimbulkan ketidak tenangan pada kehidupan pribadi Nguyen.

tweet-nguyen-cabut-flappy-birdPada tanggal 9 Februari 2014 Nguyen mengumumkan sesuatu yang mencengangkan, yaitu akan menghapus Flappy Bird dari App Store dan Play Store. Meski beberapa pihak menganggap ini lelucon dan terkesan untuk meningkatkan popularitas saja, Nguyen akhirnya membuktikan ucapannya dan pada tanggal 10 Februari 2014 game tersebut duah tidak bisa ditemui di Play Store dan App Store.

Download file apk Flappy Bird

Bagi pengguna android yang mau mencoba Flappy Bird dan belum sempat download dari Play store, berikut ini link download file APK Flappy Bird vers 1.3.

Download file APK dari Flappy Bird versi 1.3 disini. (ukuran file = 900KB)

Lihat video peraih skor tinggi dalam bermain Flappy Bird disini.

Lihat video kemarahan salah satu pengguna Flappy Bird disini

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: