Memperbaiki TV Sanyo CG14CE1 Proteksi


TV sanyo 14 InchSudah lama juga saya ndak nyervis TV,  rasanya gimana gitu. Berhubung ini TV punya Mak de (=Bu dhe) jadi turun tangan deh, mau gimana lagi. Ceritanya TV ini jadi ngadat setelah bencana banjir kemarin. TV-nya memang ndak sempat terendam air, namun entah bagaimana TV-nya jadi rusak.

Merk TV nya adalah SANYO 14 Inch CRT dengan type CG14CE1. Kerusakan TV-nya adalah saat ditekan tombol POWER utama lalu ditekan tombol POWER pada REMOTE, TV kemudian hidup sesaat lalu mati lagi. Coba dihidupkan pakai tombol CH+ yang ada di TV juga sama saja. Kalo istilah kerennya TV tersebut PROTECT, jadi ndak mau hidup.

Berikuti ini cara memperbaiki TV sanyo CG14CE1 rusak protek :

Seperti biasa, langkah awal dimulai dengan membuka lima buah skrup kemudian melepas tutup belakang. Kemudian mata mulai menyusuri bagian demi bagian modul TV, kali aja ada yang basah atau lembab. Tak luput juga solderan pada rangkaian power supply dan horizontal lalu micom dan vertikal juga ikut dicurigai. Tapi apa boleh buat, semua usaha nihil alias ndak menyelesaikan masalah. TV-nya tetap saja PROTECT. Yang menjadi masalah adalah Flyback-nya ternyata sudah tidak asli, alias sudah pernah diganti oleh bengkel sebelumnya. Ini tentu menambah daftar tersangka tentunya.

Mulailah penyakit pusing, galau dan bingung melanda. Coba cari-cari di google, adanya materi tentang TV SANYO dengan type CG14SP1N. Sementara setelah saya cocokkan Chassisnya ternyata beda. Kalau type CG14SP1N chassisnya AC5C, beda dengan type CG14CE1 yang chassisnya AC6A. namun dari beberapa artikel yang ditemui, dengan jelas menggambarkan bahwa kerusakan proteksi itu sudah lazim ditemui pada TV sanyo.

Setelah tahu permasalahannya, langkah selanjutnya adalah meminta mbah GOOGLE untuk mencari skema TV SANYO type CG14CE1. Ternyata beliau sedang tidak berbaik hati, skema yang diinginkan tak juga didapat dan malah semakin menjadi bingung. Namun ide kemudian muncul begitu saja, bagaimana jika kata kuncinya diganti dengan pencarian skema TV sanyo Chassis AC6A.

Dan jreng, munculah skema TV SANYO Chassis AC6A meski dengan type yang berbeda setidaknya bisa dijadikan referensi. Sekedar diketahui bahwa chassis sama, kemungkinan besar layout PCB-nya juga sama, tinggal optional komponen saja yang beda.

Bagi yang mau download SKEMA TV SANYO CHASSIS AC6A ( mirip dengan SKEMA TYPE CG14CE1) bisa di download disini.

Pada skema sudah dijelaskan tentang protection circuit, yaitu rangkaian pengaman jika ada kesalahan pada power supply, flyback, IC Vertikal dan lainnya. Rangkaian proteksi ini bermuara pada IC 201 pin 23 dengan R830 (1Kohm) sebagai penghubung. Resistor ini termasuk jenis SMD (Surface Mount Device), jadi letaknya ada pada sisi tembaga PCB (Copper-side) bukan pada komponen side. Bagi yang kesulitan mencari, tinggal urutkan saja dari kaki 23 IC 201.

Untuk memperbaiki TV SANYO 14 Inch Type CG14CE1 yang protek tadi, akhirnya saya lepas saja R830 (1Kohm) tadi. Dan begitu TV dinyalakan kembali, tampak tidak ada masalah pada gambar dan suara. kesimpulannya kemungkinan ada perbedaan antara Flyback yang asli dengan flyback pengganti, jadi saat lama tidak dihidupkan (karena banjir tadi) TV jadi ngadat.

Untuk lebih jelas perhatikan letak R830 pada skema berikut ini:

letak-proteksi-tv-sanyo-CG14CE1

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

Advertisements

12 Responses to Memperbaiki TV Sanyo CG14CE1 Proteksi

  1. dari semua artikel tentang protect tv sanyo, ini salah satu yg 98% benar dan top cer

  2. Udin Sahar says:

    Berapa nilai R612 dan R617 pd Sanyo CG14SA1G ? Mohon diinfokan, mas.
    Tks atas bantuannya.

  3. yanto says:

    Mas mau tanya, tv sanyo saya jack untuk av1 dan av2 gak bisa lagi, rusak, memperbaikinya gimanaya

  4. hendra chan says:

    Mas, tv sanyo 14″ dgn ic chroma jq0622 ,kerusakannya polos putih gk ada tampilan apa pun,perkiraan bagian2apa ya yg hrs saya periksa ? mohon di beri petujuk. Mksh..!

  5. hendra chan says:

    Mas ,mohon petunjuk klo tv sanyo 14″ ic chroma Jq0622, layar polos putih tiada tampilan apapun, kira2 bagian2 mana yg di periksa ya ? Trm ksh..!

  6. hendra chan says:

    Mas, mohon data pin out ic chroma jq0622 ada gk ?

  7. amri cah njawa says:

    mas bro ilmunya mantep tuh,,,,,dah saya coba ternyata maknyus…..maturnuwun…..

  8. Sid Pituruh says:

    saya sedang mencari skema tv sanyo CTP 6594 U casis 83P -E20 tolong gan di bantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: