GIMP: alternatif pengganti photoshop


about-gimpGIMP adalah kepanjangan dari GNU Image Manipulating Program. GIMP merupakan software untuk mengolah image/foto seperti halnya Adobe Photoshop. Lisensi GIMP adalah Gratis dan bisa menjadi alternatif untuk pengganti photoshop yang notabene adalah software berbayar.

GIMP merupakan aplikasi grafis yang lazim disertakan pada setiap rilis distro linux, seperti Ubuntu dan Linux Mint. Selain jalan pada platform Linux, GIMP juga ada yang versi Windows. Jadi para pengguna Windows juga dapat menjalankan GIMP sebagai alternatif pengganti dari Photoshop. Selain itu GIMP juga bisa dijalankan pada OS X dari Apple.

Meskipun gratis, fitur-fitur GIMP tidak kalah lengkap dibanding photoshop. Tool-tool standar seperti Crop, Select, Path, Shape, Blend, Fill, Text dan Transform sudah tersedia pada GIMP. Untuk melakukan editing foto standar seperti mengganti background, memotong gambar, memberi efek GIMP sudah sangat bisa. Jadi jika harus memilih untuk membeli Photoshop yang demikian mahal, rasanya GIMP bisa menjadi pilihan yang layak diperhitungkan.


gimp-screenshotGIMP dibuat oleh Spencer Kimball dan Peter Mattis pada tahun 1995. Pengembangan GIMP dimulai dari proyek semester panjang di Universit of California, Barkeley. Rilis publik pertama GIMP dibuat pada bulan januari 1996 dengan nomor versi 0.54. Setelah rilis pertama ini, GIMP langsung menyebar secara signifikan. Rilis pertama GIMP berjalan pada aplikasi berbasis Unix seperti Linux. Namun beberapa saat kemudian GIMP juga lahir untuk versi sistem operasi yang lain seperti Windows dan OS X. GIMP versi Windows dibuat oleh seorang programmer Finlandia bernama Tor Lillqvist pada tahun 1997 dan sudah support versi rilis GIMP 1.1.

Tampilan GIMP sekilas memang mirip dengan Photoshop, bedanya saat itu GIMP masih tampil dalam beberapa jendela, yaitu Object, Main menu dan Tool. Tool-tool pada GIMP lumayan lengkap dan sudah bisa mewakili beberapa tool yang ada pada photoshop. Sejak rilis 2.8.0 GIMP mulai dibuat dalam satu jendela (single window). Maskot GIMP adalah Wilber yang digambarkan dengan kepala seekor binatang mirip fox (rubah) atau coyote (anjug hutan). Wilber diciptakan oleh Tuomas Kuosmanen pada sebelum 25 september 1997.

maskot-gimp

Wilber: Maskot GIMP

Fitur-fitur utama GIMP :

  1. Color / Warna
    GIMP menyediakan beberapa tool untuk memilih warna seperti palet dan pipet untuk memillih warna pada kanvas. Metode pilihan warna meliputi: RGB, CMYK dan Circle. Selain itu kita juga bisa memasukkan kode hexa desimal warna yang lazim digunakan pada pemrograman web. Terdapat juga fitur efek warna seperti blending dan gradien.
  2. Selection dan path
    Untuk seleksi pada obyek, terdapat beberapa tool seperti rectangular, circular, free select dan fuzzy select. Kemudian terdapat juga seleksi berdasarkan warna dan fasilitas Path untuk membuat seleksi.
  3. Image Editing
    Ada beberapa tool dasar yang dipakai untuk mengedit gambar, seperti kuas, pensil, air brush dan penghapus. Tool-tool lain seperti Clone tool dan Dodge tool juga ada. Dan untuk memodifikasi bentuk obyek terdapat juga Transformation tool dan untuk memberi efek pada gambar (misal=blur)terdapat beberapa Filter yang bisa dipilih.
  4. Layer, Layer Masks dan Channel
    Selayaknya Photoshop, pada GIMP juga terdapat fitur Layer. Fitur ini dipakai untuk menumpuk beberapa elemen gambar yang dibuat secara terpisah dan diurutkan berdasarkan susunan dari atas ke bawah. Fitur tambahan seperti Layer Mask dan Channel yang biasa dipakai untuk mode transparansi juga ada.
  5. Automation, scripts and plug-ins
    GIMP bisa melakukan beberapa efek secara otomatis, seperti blur, shadow dan sebagainya. GIMP juga bisa dijalankan secara otomatis dengan Script barbasis perl dan phyton. Script ini bisa merubah core program dan membuat plug-in.
  6. Generics Graphics Library (GEGL)
    GEGL mulai diperkenalkan pada GIMP rilis 2.6. GIMP dapat menggunakan GEGL untuk melakukan operasi kedalaman bit warna tinggi, dimana informasi ini hilang atau berkurang saat melakukan operasi warna. Ketika sepenuhnya terpadu, GEGL akan memungkinkan GIMP memiliki kedalaman bit warna yang lebih tinggi dan juga alur kerja non-destruktif yang lebih baik.
  7. Support banyak format file image
    Format file GIMP adalah XCF, jadi tidak sama dengan Photoshop yang mempunyai format file PSD. XCF adalah singkatan dari eXperimental Computing Facility, pemilik dari GIMP. Namun demikian, GIMP bisa melakukan Import dan Export untuk file-file image yang lazim digunakan seperti JPG, GIF, PNG, BMP dan masih banyak lagi.

Download dan instalasi GIMP

GIMP dapat didownload secara bebas dan gratis pada situs resmi GIMP di http://www.gimp.org. Pilih file instalasi yang sesuai dengan sistem operasi yang kita pakai. Versi rilis terakhir GIMP saat tulisan ini dibuat adalah 2.8.6.

Untuk pengguna Linux biasanya GIMP sudah langsung tersedia saat selesai instal. Namun demikian bagi yang mau instal GIMP versi terakhir bisa dilakukan melalui terminal dengan perintah berikut ini:

  1. Uninstal GIMP

    sudo apt-get autoremove gimp gimp-plugin-registry

  2. Tambahkan PPA

    sudo add-apt-repository ppa:otto-kesselgulasch/gimp
    sudo apt-get update

  3. Re-instal GIMP versi terakhir

    sudo apt-get install gimp
    sudo apt-get install gimp-plugin-registry

Silahkan download artikel ini dalam format PDF disini

2 Responses to GIMP: alternatif pengganti photoshop

  1. Pingback: Cara mengganti background foto pada GIMP | Abi Sabrina

  2. Pingback: Mengganti Background Foto Dengan GIMP | muchlasaditiyaypd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: