Pemrograman mikrokontroller di linux


ATmega328pMikrokontroler adalah sebuah chip IC yang mempunyai arsitektur mirip komputer namun dengan spesifikasi yang minimal. Didalam mikrokontroller terdapat prosessor, ram, rom dan port-port yang menghubungkan mikrokontroller dengan rangkaian luar. Beberapa mikrokontroller yang populer diindonesia diantaranya adalah mikrokontroller buatan ATMEL seperti AT89S51, AT89S52 yang termasuk keluarga MCS51 dan beberapa seri mikrokontroler yang termasuk keluarga AVR seperti ATMEGA8, ATMEGA16 dan ATMEGA32.

Untuk melakukan pemrograman mikrokontroller pada sistem operasi Linux, dibutuhkan beberapa aplikasi mulai dari Code Editor, Compiler, Make dan Downloader.. Khusus untuk mikrokontroler buatan ATMEL yang telah disebut tadi, ternyata banyak ditemukan referensi-referensi dari forum maupun blog dari pengguna Linux yang ada di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa rangkuman tentang pemrograman mikrokontroller di Linux :

A. PEMROGRAMAN MCS51 (AT89S51,AT89S52)

  1. Code Editor bisa menggunakan Editor bawaan Linux seperti Pluma, Kate, Gedit atau menginstal Editor seperti Bluefish atau Code Blocks IDE.
  2. Compiler dan Make program bisa menggunakan uC51 namun menggunakan WINE karena program ini termasuk under Windows.
  3. Downloader bisa menggunakan AVRDUDE dengan memanfaatkan Port Paralel, meski agak rumit pada awalnya namun cukup mudah jika sudah terbiasa.

B. PEMROGRAMAN MIKROKONTROLLER AVR (ATMEGA8, ATMEGA16 DAN ATMEGA32)

  1. Code Editor bisa menggunakan Editor bawaan Linux seperti Pluma, Kate, Gedit atau menginstal Editor seperti Bluefish atau Code Blocks IDE.
  2. Compiler dan Make program bisa menggunakan AVR-GCC yang bisa diintegrasikan pada Code Blocks IDE
  3. Downloader bisa menggunakan AVRDUDE dengan memanfaatkan Port Paralel yang juga bisa diintegrasikan pada Code Blocks IDE.
  4. Jadi untuk Code Editor disarankan menggunakan Code Blocks IDE, karena dirasa lebih mudah karena bisa diintegrasikan dengan Compiler dan AVRDUDE.mikro-04

Persiapan yang dibutuhkan untuk pemrograman mikrokontroller pada Linux :

  1. Instal Code blocks IDE.
    Buka Synaptics Package manager, lalu pada kolom pencarian ketik codeblocks. Kemudian klik kanan lalu mark for Instalation kemudian Apply.mikro-01
  2. Instal uC51 (pastikan sudah instal WINE).
    Sebelumnya download dulu file installer dari situs wickenhaeuser (Gratis) kemudian instal. Pastikan sebelumnya telah terinstal WINE untuk menjalankan program under Windows di Linux.

    uc51

    uc51

  3. Instal AVR-GCC
    Buka Synaptics Package manager, lalu pada kolom pencarian ketik avr-gcc. Kemudian klik kanan lalu mark for Instalation kemudian Apply.mikro-02
  4. Instal AVRDUDE
    Buka Synaptics Package manager, lalu pada kolom pencarian ketik avrdude. Kemudian klik kanan lalu mark for Instalation kemudian Apply.mikro-03
  5. Pembuatan downloader.
    Yang termudah adalah menggunakan port paralel atau port serial. Namun pada notebook/laptop yang tidak disertai port paralel dan port serial, bisa menggunakan downloader USB yang bisa dibuat sendiri atau dibeli dibeberapa toko elektronika online.
  6. Pembuatan minimum system mikrokontroller
    Menggunakan mikrokontroller yang sudah diberi tegangan supply dan system clock baik eksternal maupun internal (khusus AVR). Untuk lebih baiknya bisa disediakan sebuah led indikator untuk menandai suksesnya proses downloading nanti.
Advertisements

One Response to Pemrograman mikrokontroller di linux

  1. Saya mengundang Abi Sabrina untuk singgah di #ubuntu-indonesia @ freenode. Saya benar-benar ingin lihat warga elektronika Linux Indonesia berdiskusi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: