Cara menjalankan Gappproxy di Linux Mint


gappproxy
Gappproxy adalah proxy HTTP dari Google yang berbasis Google App Engine. Gappproxy sendiri merupakan singkatan dari Google App Proxy. Gappproxy merupakan software opensource yang ditulis dengan bahasa python yang dapat dipakai untuk beberapa keperluan internet dan jaringan. Gappproxy dapat dipergunakan secara bebas dan gratis secara personal maupun bisnis/korporasi.

Untuk dapat menggunakan Gappproxy, kita harus mempunyai akun Appspot Google. Bagi yang belum tahu cara membuat akun Appspot Google bisa dilihat disini. Sebelum menggunakan Gappproxy, terlebih dahulu masukkan akun Appspot pada file konfigurasi proxy.conf. Masing-masing akun Appspot diberi kuota 1 GB perhari, jadi bagi yang boros kuota bisa membuat beberapa akun Appspot. Sekedar info saja, satu email Google diberi jatah maksimum 10 akun Appspot.

Gappproxy dapat berjalan pada beberapa sistem operasi, seperti Linux dan Windows. Pada link download Gappproxy tersedia aplikasi untuk platform Windows dan Linux. Khusus untuk Windows relatif mudah bagi pemula, kita tinggal download lalu ekstract dan setelah selesai edit file proxy.conf kita tinggal dobel file proxy.exe nya. Jika ada error mungkin karena belum terinstal Microsoft Visual C Redistributable-nya saja.

Cara menjalankan Gappproxy pada Linux berbeda saat mau menjalankan Gappproxy pada Windows. Kita tidak bisa main dobel klik begitu saja, namun harus menjalankannya lewat terminal dengan script. Dan saat Gappproxy berjalan, terminal harus tetap dibuka tidak boleh diclose/exit. Saat menjalankan script kita juga harus tahu lokasi folder/direktori tempat aplikasi gappproxy berada.

Berikut ini langkah-langkah menjalankan Gappproxy di Linux Mint :

  1. Download aplikasi localproxy versi linux disini, pilih yang localproxy-2.0.0.tar.gz.
    gappproxy-02
  2. Ekstrak file yang telah didownload tadi pada salah satu folder, misal folder: Downloads/localproxy-2.0.0
  3. Masuk ke direktory localproxy, misal : cd /home/sabrina/Downloads/localproxy-2.0.0
    gappproxy-03
  4. Ketik perintah ls untuk menampilkan nama-nama file yang ada pada folder localproxy tersebut.
  5. Edit file proxy.conf lalu masukkan pengaturan akun appspot, listen proxy dan proxy. Sebagai contoh jalankan perintah berikut ini :

    nano proxy.conf

  6. Setelah selesai lalu simpan dan kembali ke terminal.
    gappproxy-04
  7. Jalankan aplikasi Gappproxy (file proxy.py) dengan perintah berikut ini

    python proxy.py

  8. Jika benar akan tampil seperti ini (nama fetch servernya sesuai dengan nama fetch server masing-masing ya)gappproxy-05
  9. Listen Addr dan Local Proxy dapat disetting sesuai kebutuhan, misal pada setting diatas Gappproxy terhubung dengan privoxy pada port 8118 dan Gappproxy dapat di listen pada port 8000.
  10. Tekan CTRL+C atau close terminal untuk menghentikan Gappproxy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: