Beberapa Cara Menghemat Battery Android


battery-01Saat ini android sudah menguasai sebagian besar pasar smartphone dan tablet PC. Hal ini tidak terlepas dari faktor harga yang terjangkau dengan fitur android yang lumayan bagus. Fitur tersebut diantaranya meliputi layar sentuh yang semakin canggih dan lebar, kamera dengan resolusi yang baik, serta koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Semakin hari pertumbuhan pemakai android semakin banyak dan kini telah mengalahkan Nokia, Apple dan Blackberry yang pernah merajai pasar ponsel dan smartphone.

Namun fitur android yang sedemikian hebat akan terasa tidak ada artinya manakala tidak diikuti dengan kekuatan battery yang memadai. Sering kali beberapa pengguna android kehabisan battery dan harus membawa Powerbank kemana-mana. Sekedar pengetahuan, Powerbank adalah alat penyimpan daya yang bisa dipakai untuk mengecas battery ponsel android.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah memang android itu sedemikian boros battery-nya? Ternyata jawabnya bergantung pada pemakai itu sendiri. Jika memang battery boros karena pemakaian tentu tidak jadi soal, namun yang jadi pertanyaan mengapa saat standby pemakaian bettery masih boros. Ini tentu berkaitan dengan pengetahuan tentang sistem kerja ponsel android dan karakteristik battery oleh masing-masing pengguna yang juga sangat menentukan penggunaan battery dan umur pakai battery android.

Secara garis besar, penggunaan battery andoid terbanyak ada pada prosessor, layar dan bagian sinyal. Prosessor adalah otak dari sistem operasi android yang mengerjakan semua perintah dan proses selama penggunaan ponsel. Layar adalah bagian yang menampilkan visualisasi dari proses kerja android, misal menampilkan aplikasi, icon, gambar, video atau hanya sekedar wallpaper saja. Sedangkan bagian sinyal adalah bagian yang mengatur koneksi android. Koneksi ini meliputi pemancar (transmitter) dan penerima (receiver) pada jalur frekuensi yang dipilih, misal 900MHz, 850MHz, 1800MHz dan 2100MHz.

penggunaan battery androidJadi semakin keras prosessor bekerja semakin boros battery, semakin terang dan lama layar menyala semakin boros battery dan yang paling penting semakin tinggi frekuensi maka semakin membutuhkan daya yang besar pula. Selain itu perpindahan mode frekuensi, misalnya antara GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA juga turut andil dalam pemborosan battery.

Berdasarka keterangan diatas dapat disimpulkan beberapa cara untuk menghemat battery sebagai berikut:

  1. Jika tidak membutuhkan internet dengan kecepatan tinggi, ganti mode jaringan koneksi internet menjadi EDGE/GPRS/2G.
    Hal ini karena jaringan 3G/HSDPA membutuhkan daya yang relatif besar. Ini dimungkinkan saat kita dalam posisi pasif yaitu menggunakan internet hanya untuk menerima pesan dari whatsapp/bbm saja.
  2. Jika berada dalam kondisi sinyal 3G/HSDPA yang kecil, ubahlah ke mode EDGE/GPRS/2G karena perpindahan jaringan akan cukup menguras battery tanpa kita sadari.
  3. Jangan menggunakan ponsel sambil bergerak/berjalan jika tidak perlu karena pancaran sinyal (transmitter/receiver) akan membutuhkan daya yang lebih besar dibanding saat kita pada posisi diam/tetap.
  4. Switch atau mengalihkan koneksi internet melalui Wifi atau bluetooth jika tersedia jaringan Wifi atau bluetooth karena koneksi internet menggunakan SIM Card membutuhkan daya yang lebih besar untuk konek.
  5. Matikan koneksi Wifi dan bluetooth jika tidak digunakan.
  6. Meskipun tidak dianjurkan, namun mematikan sambungan data seluler adalah pilihan yang logis jika kita berada posisi battery yang minim. Cara ini hanya untuk kondisi darurat karena tentu mengurangi utilitas dari android tersebut. Hal ini karena salah satu kelebihan android adalah adanya beberapa aplikasi favorit seperti Whatsapp dan BBM yang menggunakan sambungan data seluler.
  7. Pergunakan fitur dan aplikasi yang menggunakan koneksi seperlunya saja lalu setelah itu matikan aplikasi tersebut, misalnya GPS dan Sync.
  8. Kurangi kinerja prosessor dengan cara mematikan aplikasi yang tidak perlu melalui task manager.
  9. Jangan sering-sering mengakhiri aplikasi dengan menekan tombol Home karena aplikasi tersebut akan tetap berjalan meski tidak terlihat. Hal ini karena android adalah sistem operasi yang multi tasking yang bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutup aplikasi yang lain.
  10. Mengurangi kinerja prosessor juga bisa dilakukan dengan tidak memasang wallpaper bergerak dan animasi yang berlebihan.
  11. Kurangi kecerahan layar namun jangan mengganggu pandangan. Ini cukup membantu namun tidak sebesar penggunaan sinyal dan prosessor.
  12. Gunakan headset untuk mendengarkan suara dan kurangi penggunaan speaker.
  13. Atur volume nada dering atau music yang cukup dan jangan terlalu keras.
  14. Matikan fitur getar manakala tidak dibutuhkan.
  15. Jaga umur pakai dan kemampuan battery dengan cara langsung mengecasnya jika sudah ada peringatan low bat. Karena jika sering dipaksakan sampai kondisi battery dibawah 10% akan sangat mengurangi umur pakai dan kemampuan battery. Hal ini karena pada umumnya battery android adalah dari jenis Lithium (Li) bukan Nikel Cadmium (NiCD) seperti battery tamiya yang hanya dicas saat battery sudah habis.
  16. Meski tidak saya anjurkan namun memasang aplikasi penghemat battery adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan. Tidak dianjurkan karena kadang aplikasi tersebut malah justru menguras battery atau bisa juga membuat kekacauan sistem karena bisa leluasa mengatur kinerja android.

Demikian beberapa cara untuk menghemat battery android, bagi yang mau sharing atau menambahkan silahkan isi pada kolom komentar.

4 Responses to Beberapa Cara Menghemat Battery Android

  1. indah says:

    Trma ksh, sngt brmnfaat. Lbh snang lg krn knal dgn pnulisny.

  2. Yang paling terasa bikin boros biasa pas sinyal jelek & data aktif terus, kalau sy sering matiin data & hasilnya awet banget batre sama kuota juga heheh

  3. maksud dari mematikan aplikasi yang tidak perlu melalui task manager gimana gan caranya? mohon diperlengkap artikelnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: