Penulis


Abi Sabrina, dalam bahasa arab berarti Ayah dari Sabrina. Saat ini Aku adalah ayah dari seorang gadis kecil yang bernama Sabrina Balqis Al Husna. Tulisan tulisan dalam Blog ini aku persembahkan untuknya yang kelak akan ada yang berguna saat ia dewasa.

Foto Profil

Sabrina, Abi dan Umi

Aku lahir di Desa Welahan, Kabupaten Jepara Propinsi Jawa Tengah pada tanggal 28 Desember 1982, begitu yang tertulis di Akte Kelahiranku. Eko Purnomo adalah nama yang tertulis disana. Aku lahir pada hari Selasa Wetonnya Pahing, begitu orang tuaku bilang. Namun yang pasti ternyata aku tidak lahir pada tanggal 28 Desember 1982, karena pada hari itu Wetonnya Pon, jadi bukan Selasa Pahing melainkan Selasa Pon. Setelah aku klarifikasi lebih lanjut kepada Ayahku, ternyata aku salah satu korban birokrasi. Sebetulnya aku lahir pada tanggal 07 Desember 1982, namun karena telat mendaftar jadi ditulisnya tanggal 28 Desember 1982.

Itu tadi sepenggal kisah mengenai kelahiranku dan awal mula aku berada didunia ini. Aku tumbuh selayaknya anak desa pada kebanyakan, berteman dengan sawah, rumput, ikan, dan sejuknya hawa murni pedesaan. Hari hari kecilku tak bisa dilalui dengan lepas bermain seperti anak lainnya karena harus momong seorang adik. Ya, aku adalah dua bersaudara. Adikku seorang perempuan, selisih 6 th denganku. Aku menempuh pendidikan pertamaku di SDN 1 WELAHAN, Adalah Bu Maryati guruku yang pertama. Berturut-turut guruku sampai kelas VI adalah Bu Siti Zumrotun, Bu Ninik Parwati, Bu Sriyatun, Pak Sudarisman, Pak Nasukha Abadi dan  Pak Sukarno. Aku lulus SD pada tahun 1993 dengan bangga di peringkat kedua. Nilai Ebtanasku saat itu 43 dari 5 pelajaran.

Selanjutnya aku menginjak bangku SMP, dan yang terpilih adalah SMPN 1 WELAHAN. Wali kelasku berturut-turut dari  adalah Bp Mundofir pada kelas 1, Bp Agus Sartono pada kelas 2 dan 3. Guru-guru SMP ku yang masih ku ingat antara lain, Bu Komsiyah (MTK), Bu Zulifah(FISIKA), Bp Tri Priyono(B.INDO), Bp Agus Tri Haryono(S.TARI), Bp Sunarto(EKOP), Bp Bambang RE(S.UKIR), Bp Bambang ES (Alm)(PPKN), Bp Aris Supriyadi(B.INDO), Bp Bambang JS(SEJARAH), Bp Sucipto(GEOGRAFI), Bp Sa’dun Makhali(B.ING), Bp Supriyanto(B.ING), Bp M Kusdi(PPKN), Bp Akhirin(PAI), Bp Riyanto (PAI), Bp Hadi Subeno (BIOLOGI), Bp Nafian (BK), Bp Agus Juhartanto (OR), Bp Martin S (B.INDO), Bp Arif (OR), Bp Sumadi (S.RUPA), Bp Adenan (KET) dan Bp Suhardi (KEPSEK)

Aku mengawali pendidikan agama islam secara formal di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Welahan pada tahun 1989. Jadi setelah sampai rumah dari sekolah pagi, sore harinya harus berangkat ke sekolah lagi. Di madrasah aku diajari khusus ilmu agama, mulai dari tauhid, fiqh, tajwid, hadits, bahasa arab, nahwu, shorof dan tarikh sejarah islam. Guru-guruku saat itu “yang masih kuingat” adalah ibu Mufarrihah, Bp Jazuli, Bp Khoiri, Bp Marzuqi, Bp Hasan Bisri, Bp Mahfud, Bp Arif (Alm), Bp Hafid dan Bp Abdul Latif sebagai Kepala sekolah.

Pada tahun 1996 aku lulus SMP sekaligus bersamaan dengan lulus madrasah. Aku lulus SMP dengan predikat lulusan terbaik dengan nilai 50.28. Dan dengan bekal nilai tersebuat aku beranikan diri mendaftar di STM Pembangunan Semarang (sekarang SMKN 7 SEMARANG). Aku memilih jurusan Elektronika Komunikasi (EK) dan duduk di indeks 1 (I EK 1, II EK 1, III EK 1 dan IV EK 1). Disana aku belajar banyak tentang ilmu elektronika mulai dari Elektronika dasar, audio-video, instrumentasi, teknik komunikasi frekuensi tinggi sampai dengan teknik digital dan gelombang mikro. Guru-guruku saat itu antara lain, Bp Arif Subandi, Bp Supraja, Bp Teguh, Bp Komang, Bp Lilik, Bp Nor Salim, Bp Joestiharto, Bp Edi Marwanda, Bu Woro Ahyati, Bu Netty PE, Bu Sri Jatiningsih, Bu Fatimah, Bu titik, Bp Sugihartono, Bp Suprapto, Bp Supriyanto, Bu Zetmi Andini, Bu Istiyah, Bapak Gatot Rosa Irianto, Bp Maskanan dan yang menjadi kepala sekolah saat itu adalah Bp Kartono. Saat di semarang aku menjalani hari-hariku di kos-kosan milik pak Sutoto di Jl Taman Mugas II No 2 Semarang.

Aku lulus dari STM pada tahun 2000 dan langsung bekerja di PT HIT Kudus (POLYTRON) , sampai saat aku membuat blog ini aku masih bekerja disana. Selain bekerja aku mendapatkan banyak ilmu disana, termasuk ilmu komputer, linux, internet dan ilmu bisnis sampingan untuk mencari tambahan penghasilan di luar perusahaan.

16 Agustus 2007 adalah hari yang sangat spesial bagiku, karena pada hari itu Allh SWT memperkenankan aku menyunting seorang gadis cantik sebagai istriku. Dia adalah Umi Sabrina, dan Tri Rahayu adalah nama lengkapnya. Berasal dari keluarga yang sederajat, aku berharap dapat menjalani sisa umurku dengannya dan membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah tentunya.

Banyak hal yang telah kupelajari selama ini dan sekarang aku adalah seorang ayah untuk anakku. Melalui Blog ini kelak anakku akan dapat mempelajari apa yang telah kupalajari yang bahkan saat itu aku sudah melupakannya. Semoga Blog ini berguna khususnya bagi anakku dan untuk semua yang ada di bumi ini pada umumnya.

Amin.

%d bloggers like this: